Penggunaan Internet yang Sehat dan Cerdas Memungkinkan Kita Memperluas Relasi dan Networking
Webinar "Ngobrol Bareng Legislator" bertema Tetap Sehat dan Cerdas di Dunia Maya (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Masifnya penggunaan internet dan media sosial ini tidak jarang menimbulkan dampak yang negatif bagi para penggunanya. Salah satu yang sering kita temukan adalah penyebaran berita bohong atau hoax.

Namun, selain dampak negatif yang sering kita temui, ternyata media sosial atau juga yang sering disebut dengan dunia maya ini ternyata memiliki dampak positif.

Menurut praktisi komunikasi dan bisnis, Teguh Yuwono, dunia maya dapat berguna sebagai eksistensi diri, karena 70 persen kesuksesan dimulai dari internet. Melalui internet kita dapat memunculkan diri dan kemudian memperluas relasi. Semakin luas relasi, maka semakin eksis orang tersebut.

"Gunakan dunia maya untuk membuat eksistensi diri, maka unggah lah konten yang kuat dan bermanfaat, tunjukan bahwa diri Anda mempunyai kualitas," kata Teguh dalam Webinar "Ngobrol Bareng Legislator" bertema Tetap Sehat dan Cerdas di Dunia Maya pada Rabu, 20 April.

Selain eksis, kita dapat mengeksplorasi ruang dan waktu di dunia maya. Kita hanya perlu duduk manis di rumah, sedangkan dunia maya memberikan informasi dari dunia luar dengan cuma-cuma.

Dunia maya juga dapat berguna untuk membangun relationship dan networking sebagai jalan membangun bisnis. "Ketika memposting atau ingin memberikan sesuatu cobalah hadirkan hati dan pikiran sehingga ada value di dalamnya," ujarnya.

Apapun yang ingin kita unggah, sebaiknya disortir dan dinilai terlebih dulu oleh pikiran dan hati kita. Pikirkan dampak apa yang akan muncul ketika postingan tersebut tersebar di dunia maya, dan jadilah penyebar informasi atau pembuat konten yang sehat dan cerdas.