Google Luncurkan Banyak Fitur Baru untuk Chrome, Bisa Simpan Grup Tab
Tampilan ilustrasi fitur baru di Google Chrome (Dok Google)

Bagikan:

JAKARTA - Minggu ini, Google akan meluncurkan fitur keamanan dan kinerja baru di Chrome, yang akan memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih dengan apa yang mereka lakukan di internet.

Pertama, Google mengatakan bahwa fitur Pemeriksaan Keamanan untuk Chrome di desktop kini akan berjalan otomatis di latar belakang.

Jadi, Anda akan mendapatkan peringatan secara proaktif jika: kata sandi yang disimpan di Chrome telah disusupi, ekstensi apa pun yang berpotensi berbahaya, bila Anda tidak menggunakan Chrome versi terbaru, atau izin situs memerlukan perhatian.

“Peringatan ini akan muncul di menu tiga titik di Chrome sehingga Anda dapat mengambil tindakan,” tulis Google dalam pengumumannya di blog resmi Google, dikutip Jumat, 22 Desember.

Selain itu, Google juga memperluas Pemeriksaan Keamanan di mana Chrome akan secara otomatis mencabut izin akses lokasi atau mikrofon Anda jika Anda sudah lama tidak mengunjungi situs tertentu.

Fitur selanjutnya adalah kontrol kinerja yang lebih cerdas. Tahun lalu, Google memperkenalkan kontrol kinerja seperti mode Penghemat Memori untuk membantu Chrome di desktop berjalan lebih lancar.

Sekarang, raksasa penelusuran itu menambahkan lebih banyak detail tentang penggunaan memori tab Anda saat Anda mengarahkan kursor ke tab tersebut dalam mode Penghemat Memori, termasuk potensi memori yang disimpan saat tab tidak aktif.

Selanjutnya, dalam beberapa minggu ke depan, Anda akan bisa menyimpan grup tab di Chrome desktop, sehingga Anda dapat mengaksesnya di perangkat desktop lain dan dengan mudah mengerjakan proyek Anda kembali.

“Kami akan menghadirkan fitur yang lebih cerdas dan bermanfaat ke Chrome awal tahun depan yang didukung oleh model AI baru kami, Gemini,” tutupnya.