Tip Memilih Router untuk Bangunan yang Luas dan Bertingkat
Foto: Ilustrasi router mesh dari Deco (Foto: Dok. TP-Link)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan dari Allied Market Research berjudul Router Market Research menunjukkan, selama 2022 pasar router dunia telah tumbuh sebesar 19,6 miliar dolar AS dan akan terus tumbuh hingga 44,4 miliar dolar AS pada 2032.

Dalam laporan ini dijelaskan juga, kenaikan permintaan router disebabkan oleh peningkatan permintaan koneksi internet yang lebih cepat, penggunaan perangkat yang perlu terkoneksi dengan internet, serta investasi yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah perusahaan untuk perangkat transmisi dan networking.

Oleh karena itu, pembeli perlu memperhatikan lebih lanjut spesifikasi router yang sesuai, terutama untuk keperluan di rumah maupun di bangunan yang luas serta memiliki sejumlah lantai.

Berikut terdapat beberapa tips dari TP-Link untuk memilih router sesuai kebutuhan:

Memahami perangkat yang akan terkoneksi

Pertama, Anda perlu mempertimbangkan dua hal, pertama perangkat apa saja yang akan terhubung ke router. Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan WiFi untuk aktivitas tertentu, seperti streaming, gaming, hingga bekerja.

Mengetahui luas dan tinggi bangunan

Luas serta tinggi bangunan dapat mempengaruhi jangkauan sinyal. Router dengan sistem mesh dapat menjadi solusi, terutama untuk rumah atau kantor yang berlantai dan berukuran besar.

Mengetahui teknologi WiFi yang terdapat di router

Router yang dilengkapi dengan teknologi WiFi 6 dapat menjadi pilihan yang baik, karena mampu menampung lebih banyak perangkat, menghasilkan sinyal yang lebih kuat dan stabil, serta keamanan yang lebih baik.

Memiliki seamless roaming

Pastikan router memiliki fitur seamless roaming, yang memungkinkan perangkat beralih dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kehilangan koneksi.

Tersedia aplikasi untuk pengaturan jarak jauh

Terakhir, pilih router yang dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan pengaturan dari jarak jauh. Ini akan memudahkan kontrol dan pengawasan pengguna terhadap router.