Bagikan:

JAKARTA - Bluesky, media sosial pesaing X atau Twitter, kini meluncurkan logo barunya yang berbentuk kupu-kupu. CEO Bluesky, Jay Graber, mengatakan kupu-kupu memiliki makna sebagai simbol perubahan dan transformasi.

“Sejak awal, kami memerhatikan bahwa orang-orang secara organik menggunakan emoji kupu-kupu untuk menunjukkan pegangan Bluesky mereka. Kami menyukainya dan mengadopsinya seiring penyebarannya,” tulis Graber dalam pengumumannya.

Tidak hanya itu, dia juga menyebutkan bahwa logo kupu-kupu yang baru ini mencerminkan misi perusahaan untuk mengubah media sosial menjadi sesuatu yang baru.

“Ibarat kupu-kupu yang keluar dari kepompongnya, kami mulai membuka diri. Unggahan di Bluesky telah bersifat publik sejak awal melalui protokol terbuka. Namun, hari ini kami menjadikannya dapat diakses publik melalui aplikasi,” tambah Graber.

Sebagai pesaing X, logo baru Bluesky ini memiliki makna yang berbanding terbalik dengan X. CEO mengibaratkan, “Burung Twitter dibebaskan dari platform tertutup untuk terbang di ekosistem terbuka Bluesky.”

Tidak hanya pengumuman logo baru, Graber juga menyatakan sebuah kemampuan baru bagi pengguna di mana mereka kini dapat dengan mudah melihat postingan Bluesky tanpa harus memiliki akun atau login.

“Kami membangun Bluesky sebagai rumah bagi percakapan publik, berita terkini, komentar, analisis, lelucon, dan banyak lagi. Kami mengambil satu langkah lebih dekat ke tujuan ini dengan merilis tampilan web publik, yang berarti Anda tidak perlu login untuk melihat postingan di Bluesky,” tutupnya.

Kemampuan melihat postingan tanpa login ini mirip dengan apa yang sudah dilakukan X. Dengan kehadiran ini, Bluesky semakin menunjukkan keseriusannya dalam menyaingi media sosial milik Elon Musk itu.