Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus: Berikut Penjelasannya
Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus (Gambar krakenimages-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Natal ialah momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang di seluruh dunia, juga jadi saat di mana kita memperingati kehadiran Sinterklas ataupun Santa Claus. Penasaran dengan perbedaan Sinterklas dan Santa Claus?

Adapun wujud Sinterklas ataupun Santa Claus sangat dinantikan oleh anak-anak sebab mereka ialah tokoh yang suka memberi hadiah kepada anak-anak di Hari Natal. Tetapi, mengerti kah Kalian kalau di balik pakaian merah serta janggut putih besar mereka, Sinterklas serta Santa Claus ternyata berbeda?

Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus

Ayo kita telusuri perbedaan yang mendasar antara Sinterklas serta Santa Claus, serta menggali cerita di balik kedua legenda Natal ini.

1. Dilihat Dari Waktu Pembagian Hadiah

Sinterklas, dengan distribusi hadiahnya pada 5 Desember, membagikan sentuhan awal pada perayaan natal. Sebagian warga apalagi mengadakan parade Sinterklas di pertengahan bulan November. Di sisi lain, Santa Claus melaksanakan perjalanan pada malam 24 Desember, berkunjung ke tiap atap serta cerobong asap buat membawakan hadiah kepada anak-anak yang sangat menantikannya.

2. Dari Asal Cerita

Sinterklas dipercaya selaku inkarnasi dari Santo Nikolas, pelindung anak-anak yang sudah dihormati semenjak Abad Pertengahan. Sedangkan itu, Santa Claus ialah kepribadian gabungan dari Sinterklas, Bapak Natal, serta Santo Nikolas, yang debutnya di Amerika berlangsung tidak lama sesudah pendudukan Belanda.

3. Perbedaan Penampilan

Sinterklas tampak dengan baju religius yang terinspirasi dari ikonografi, mengenakan gaun merah kepausannya dengan uskup putih serta mitra merah yang berhiaskan salib. Di sisi lain, Santa Claus muncul dengan baju yang lebih simpel, balutan merah dengan lis putih serta ikat pinggang hitam tebal.

4. Perbedaan Kendaraan

Sinterklas tiba dengan perahu dari Spanyol serta menunggangi kuda putih bernama Amerigo kala datang di Belanda. Santa Claus, di sisi lain, mengendarai kereta luncur yang ditarik oleh 9 rusa yang terkenal, termasuk rusa Rudolph yang mempunyai hidung merah bercahaya.

5. Kehidupan serta Rumah

Sinterklas digambarkan selaku seorang bujangan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Spanyol, sedangkan Santa Claus mempunyai markas di Kutub Utara dengan istrinya dan peliharaan rusa-rusanya.

6. Perbedaan Syarat serta Ketentuan

Sinterklas melacak sikap baik anak-anak lewat buku besar serta menaruh hadiah di sepatu mereka. Tetapi, ada desas-desus tentang nasib anak-anak bandel yang dibawa ke Spanyol dalam karungnya. Di sisi lain, Santa Claus lebih suka meninggalkan hadiah di bawah pohon Natal.

7. Makanan Kesukaan

Sinterklas diketahui selaku pertapa yang membagikan permen kepada anak-anak, tetapi tidak ada makanan kesukaan yang spesifik terkait dengannya. Santa Claus, di sisi lain, mempunyai beberapa makanan kesukaan semacam kue, susu, wiski, serta pai cincang. Perbandingan yang menarik di antara keduanya mencerminkan kekayaan tradisi yang berbeda di belahan dunia yang berbeda pula.

Walaupun mempunyai beberapa perbandingan, Santa Claus serta Sinterklas pula mempunyai beberapa persamaan. Kedua wujud ini sama-sama digambarkan selaku wujud yang baik hati serta suka membantu.

Mereka pula sama-sama membawakan hadiah buat anak- anak yang berperilaku baik. Tidak hanya itu, Santa Claus serta Sinterklas pula sama-sama dikaitkan dengan perayaan Natal. Kedua wujud ini jadi simbol dari kegembiraan serta harapan yang menyertai perayaan Natal.

Saat ini diketahui “Kereta Sinterklas Butuh Kekuatan Roket Saturn V NASA untuk Terbang Antar Hadiah Natal”, apakah itu benar?

Jadi setelah mengetahui perbedaan Sinterklas dan Santa Claus, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!