NORAD Punya Alat Pelacak Sinterklas, Ini Penjelasannya
NORAD bisa melecak keberadaan Sinterklas. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) memiliki alat Pelacak Sinterklaas yang siap mencatat perjalanan pria periang dan rusa kutubnya itu saat melintasi dunia.

NORAD adalah organisasi gabungan Amerika Serikat dan Kanada yang mempertahankan benua dari potensi ancaman udara yang masuk selama 365 hari per tahun.

Tahun ini, Pelacak Sinterklas  mulai melacak kemajuan St. Nick mulai pukul 6 pagi ET pada Sabtu, 24 Desember.

“Sementara tradisi pelacakan Sinterklas dimulai secara tidak sengaja, NORAD terus melacak Sinterklas,” kata situs web resmi Pelacak Sinterklas NORAD, yang dikutip Daily Mail.

“Kami satu-satunya organisasi yang memiliki teknologi, kualifikasi dan orang-orang untuk melakukannya. Dan, kami menyukainya! NORAD merasa terhormat menjadi pelacak resmi Sinterklas,” ungkap NORAD.

Masyarakat dari segala usia bahkan dapat menelepon untuk menanyakan tentang lokasi Kris Kringle, nama asli Santa, saat  dia berkeliling dunia untuk membawa kegembiraan dan keceriaan bagi anak-anak di mana pun.

“Pusat Operasi NORAD Tracks Santa beroperasi penuh mulai pukul 04:00 MST pada tanggal 24 Desember,” situs web resmi pelacak menyatakan. “Anda dapat menghubungi 1 877 HI-NORAD (1 877 446-6723) untuk berbicara langsung dengan anggota staf NORAD yang dapat memberi tahu Anda lokasi tepat Sinterklas. Operator tersedia sampai tengah malam.“

NORAD Santa Tracker telah ada sejak 1955 dan menghabiskan 'dana pemerintah minimal', menurut situs tersebut, berkat sumbangan perusahaan dari Microsoft, Amazon Web Services, dan HP.

Lebih dari 1.250 personel NORAD bergabung dalam upaya Pelacak Sinterklas setiap tahun, menjawab panggilan telepon dan email tentang kemajuan Sinterklas.

Seluruh operasi didukung oleh perangkat lunak simulasi yang dibuat oleh AGI/Ansys.

"Perangkat lunak simulasi Ansys digunakan untuk memastikan NORAD dapat dengan aman melacak Sinterklas saat ia bepergian ke seluruh dunia," kata Adam Gorski, seorang insinyur ruang angkasa dari Ansys Government Initiatives, kepada Space.com.

“Simulasi Ansys memastikan satelit NORAD dapat mendeteksi panas dari hidung Rudolph, dan radar dapat melacak kereta Santa di langit. Simulasi kami juga digunakan untuk membantu elf Sinterklas melakukan beberapa analisis aerodinamis pada desain kereta luncurnya selama setahun,” kata Gorski.

Menurut Gorski, kereta luncur Sinterklas bergerak dengan kecepatan Mach 7 (tujuh kali kecepatan suara), kecepatan hipersonik, untuk memastikan bahwa semua anak yang gembira di seluruh dunia menerima hadiah tepat waktu menjelang pagi Natal.

NORAD menyatakan bahwa Santa sendiri memiliki berat 260 pound dan akan membawa 60.000 ton hadiah saat perjalanannya dimulai. Kecepatan pendakian Sinterklas adalah 'satu T' - atau sekejap mata! - dan kecepatan maksimumnya adalah 'lebih cepat dari cahaya bintang.'

Ada juga aplikasi NORAD Tracks Santa resmi yang tersedia di Apple App dan toko Google Play, sehingga orang tua dan anak-anak dapat mengikutinya.