Natal Istimewa, Santa Claus Kunjungi Astronot ISS untuk Pertama Kalinya
Ilustrasi foto (Caleb Woods/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak hal menarik ketika Hari Raya Natal berlangsung. Salah satunya bagi astronot yang tinggal di Internasional Space Station (ISS). Untuk pertama kalinya Santa Claus mengunjungi mereka.

Namun sebenarnya ini bukanlah Santa asli, melainkan simulasi yang digarap North American Aerospace Defense Command (NORAD) dan Analytical Graphics, Inc (AGI). Melansir Space, Jumat, 25 Desember, hal itu terlihat saat NASA mengunggah video animasi buatan NORAD yang menampilkan Santa dengan mengendarai kereta luncurnya.

Video itu diunggah di Twitter. Santa terlihat mengelilingi ISS untuk mengantarkan hadiah pada astronot. "Berkat keajaiban kereta luncur Santa, ia membuat perhentian khusus dalam perjalanannya tahun ini, ke International Space Station," ungkap narasi dalam video tersebut.

"Satelit NORAD telah melihat Santa berada di jalur yang benar menuju ISS dan astronaut yang tinggal dan bekerja di sana."

Diketahui, bukan kali pertama NORAD membuat hal semacam ini. Lembaga tersebut memang kerap meluncurkan semacam situs pelacak perjalanan Santa saat mengantarkan hadiah Natal ke seluruh dunia. Anda bisa mencobanya dengan mengklik di sini: Norad Santa.

Meski begitu, perayaan Natal tahun ini cukup berbeda. Pada 23 Desember lalu, Federal Aviation Administration (FAA) memberikan Santa dan pasukan rusa kutubnya lisensi untuk terbang ke luar angkasa dan penerbangan berawak ke ISS.

Santa terbang ke luar angkasa menggunakan StarSleigh-1 yang ditenagai oleh Rudolph Rocket. Rudolph si rusa kutub terlihat jelas dalam video itu menyinari gelapnya luar angkasa dengan hidung merahnya.

Sayangnya, Santa terlihat kurang pengamanan karena ia terlihat hanya menggunakan helm luar angkasa. Tetapi, juru bicara AGI menuturkan Santa dan rusa kutubnya tidak membutuhkan pakaian luar angkasa karena kemampuan ajaib mereka.