Bagikan:

JAKARTA – Bluesky kini mencoba menarik pengguna Threads ke dalam platformnya dengan membuat akun resmi. Tidak hanya membuat akun, Bluesky juga membuat thread dengan menyinggung isu moderasi konten.

Selama beberapa hari terakhir, pengguna Threads mengkritik platform yang mereka gunakan karena dinilai memiliki sistem moderasi konten yang buruk. Pasalnya, Threads sering menghapus dan membatasi akun karena sistem yang salah membaca tindakan. 

Saat pengguna Threads banyak mengeluh mengenai masalah ini, Bluesky mencoba menarik perhatian mereka dengan membahas sistem moderasi konten di platformnya. Platform yang dibuat oleh pendiri Twitter itu mengungkapkan bahwa mereka memiliki dua sistem moderasi. 

Sistem pertama adalah tim moderasi manusia yang aktif selama 24 jam untuk memantau tindakan pengguna sesuai dengan pedoman komunitas, sedangkan sistem moderasi lainnya merupakan keputusan dari organisasi independen di ekosistem terbuka.

Meski menerapkan moderasi konten, Bluesky menegaskan bahwa mereka tidak pernah menurunkan peringkat konten politik. Bluesky mengeklaim bahwa mereka menyambut baik konten politik, berita, atau topik penting lainnya yang sering dibatasi di media sosial. 

"Kami juga memiliki ekosistem terbuka yang dapat ditumpuk, tempat organisasi independen dapat menerbitkan keputusan moderasi mereka sendiri dan pengguna dapat berlangganan ke organisasi yang mereka percayai," kata Bluesky dalam thread yang dibuat.

Untuk meyakinkan pengguna Threads beralih ke Bluesky, platform berlogo kupu-kupu ini pun menyinggung tentang algoritma. Bluesky mengatakan bahwa mereka tidak mengubah peringkat akun secara acak. 

"Kami tidak memiliki algoritma kotak hitam yang menaikkan/menurunkan peringkat dengan cara yang tampak acak. Cara terbaik untuk mendapatkan keterlibatan adalah dengan melibatkan orang lain!" jelas Bluesky.