Bluesky Luncurkan Ozone, Alat Moderasi Independen Baru untuk Pengguna
Interface opem sourcing Ozone (foto: Bluesky)

Bagikan:

JAKARTA - Bluesky mengumumkan bahwa mereka membuka open sourcing Ozone, sebuah alat yang memungkinkan individu dan tim bekerja sama untuk meninjau dan memberi label konten di seluruh jaringan. 

Artinya, dengan Ozone, Bluesky memberikan kemampuan untuk pengguna dalam memoderasi konten mereka sendiri, dan membuat atau berlangganan layanan moderasi tambahan selain yang dibutuhkan Bluesky. 

“Hari ini, dengan gembira kami mengumumkan bahwa kami membuka sumber Ozone, alat moderasi kolaboratif kami. Dengan Ozon, individu dan tim dapat bekerja sama untuk meninjau dan memberi label konten di seluruh jaringan,” tulis perusahaan dalam pengumumannya. 

Dengan inovasi baru ini, platform media sosial alternatif X ini memberikan Anda kendali yang belum pernah ada sebelumnya atas pengalaman media sosial Anda.

Pada tahap pertama peluncuran minggu ini, filter layanan moderasi independen ini akan tersedia di aplikasi versi desktop. Dan dalam waktu dekat, fitur-fitur tersebut juga akan tersedia di perangkat seluler.

“Pendekatan hibrid ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang kohesif, di mana moderasi internal kami bekerja bersama dengan lapisan tambahan yang disesuaikan dengan masing-masing komunitas,” sambung perusahaan. 

Bluesky juga menegaskan bahwa layanan moderasi independen akan memungkinkan Anda dan pembangun komunitas menyesuaikan ruang Anda lebih lanjut, dan API terbuka akan memungkinkan pengembang berevolusi dan berinovasi pada sistem ini.

“Ozone, sistem pelabelan moderasi sumber terbuka yang kami rilis hari ini, memungkinkan Anda mengatur layanan seperti daftar blokir, namun lebih bernuansa — daripada hanya menambahkan akun, Anda juga dapat memberi label pada postingan tertentu,” pungkasnya. 

Sebagai tambahan, layanan moderasi ini tidak akan terikat pada pengguna individu, dan banyak orang dapat mengelolanya. Peralatan yang dirancang untuk tim dan komunitas dapat membantu meringankan beban individu dan memungkinkan menjalankan layanan moderasi yang berkelanjutan.