Bagikan:

JAKARTA – Bluesky, aplikasi microblog terdesentralisasi, menambahkan fitur baru pada Rabu, 11 September. Kini, seluruh pengguna Bluesky bisa membagikan video dengan format dan durasi yang ditetapkan.

Kemampuan ini telah ditambahkan ke aplikasi seluler Bluesky versi 1.91. Meski Bluesky versi desktop belum memiliki tombol untuk mengunggah video, pengguna yang mengakses Bluesky melalui komputer tetap bisa menonton seluruh video di dalam platform.

"Kami meluncurkan kemampuan untuk memposting video secara bertahap untuk memastikan pengalaman yang lancar," kata Bluesky melalui situs resminya. "Kami sangat gembira komunitas kami akan terus berkembang."

Ada beberapa ketentuan yang Bluesky tetapkan dalam pengunggahan video. Pengguna hanya bisa memposting satu video dalam satu waktu dengan durasi maksimal 60 detik. Bluesky hanya mendukung format video .mp4, .mpeg, .webm, dan .mov.

Saat fitur ini sudah terlihat di aplikasi pengguna, video akan terputar secara otomatis tanpa perlu diaktifkan. Jika pengguna ingin menghemat penggunaan data seluler, mereka bisa menonaktifkan pemutaran video otomatis melalui pengaturan.

Pengunggahan video di Bluesky tidak semudah di aplikasi lain. Pengguna harus melakukan verifikasi email terlebih dahulu untuk membuktikan bahwa akun yang digunakan bukan spam. Verifikasi ini berguna bagi pengguna yang sering mengunggah video.

"Anda dapat menerapkan label ke video Anda sendiri, misalnya, untuk konten dewasa," jelas Bluesky. "Anda dapat mengirimkan laporan ke tim moderasi Bluesky untuk postingan yang berisi video (dan meminta pemberian atau penghapusan label)."

Pengguna diizinkan untuk mengunggah 25 video per hari dengan total durasi 10GB. Jika dua video yang pengguna Bluesky unggah sudah mencapai 10GB, mereka tidak bisa mengunggah video lagi di hari yang sama dan harus menunggu keesokan harinya.