Bagikan:

JAKARTA - Setelah Mahkamah Agung Brasil memerintahkan seluruh penyedia layanan internet memblokir aksesnya ke X, para warga Brasil beralih ke platform alternatif Bluesky. 

Akibat dari kebijakan tersebut, dalam seminggu terakhir perusahaan Bluesky mengatakan bahwa pengguna platformnya bertambah hingga 2,6 juta orang, di mana mayoritas pengguna tersebut berasal dari Brasil. 

“Minggu yang luar biasa! Dalam beberapa hari terakhir, Bluesky telah bertambah lebih dari 2,6 juta pengguna, lebih dari 85 persen di antaranya adalah warga Brasil. Selamat datang, kami sangat senang Anda ada di sini,” tulis perusahaan dalam blog terbarunya. 

Sebelumnya, Hakim Agung Brasil Alexandre de Moraes, memerintahkan pemblokiran akses ke X, karena platform media sosial milik Elon Musk itu dituduh menyebarkan disinformasi. 

Moraes juga memerintahkan Apple dan Google untuk menghapus X dari toko aplikasi mereka dan orang-orang yang ketahuan menggunakan VPN untuk mengakses situs web tersebut akan didenda 8.900 dolar AS (Rp137  juta). 

Sejak itu, warga Brasil beralih ke platform Bluesky. Meskipun Bluesky belum sekuat X atau Twitter, baru-baru ini mereka memberi bocoran bahwa pembaruan aplikasi utamanya berikutnya akan dilengkapi dengan fitur video, yang dapat membantu mempertahankan pengguna barunya. 

“Sekarang mungkin saat yang tepat untuk mengumumkan bahwa pembaruan aplikasi utama kami berikutnya akan memiliki video. Detail lebih lanjut segera,” tulis perusahaan.