Makin Mirip X, Bluesky akan Luncurkan Fitur Direct Message ke Platformnya
Ilustrasi media sosial Bluesky (Foto: Dok. Bluesky)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam satu tahun terakhir, platform media sosial terdesentralisasi pesaing X, Bluesky telah berkembang dari 40 ribu pengguna menjadi 5,6 juta pengguna.

Untuk meningkatkan kualitas layanannya, Bluesky mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan fitur Direct Message (DM), video, feed khusus yang ditingkatkan, dan masih banyak lagi.

“Kami sedang mengerjakan layanan DM yang akan diintegrasikan ke dalam aplikasi Bluesky. Layanan ini akan “di luar protokol” pada awalnya sehingga kami dapat mengembangkannya secara berulang,” tulis perusahaan dalam pengumuman terbarunya.

Cara kerja fitur DM di Bluesky sama seperti di banyak media sosial lain, di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain.

“DM v1 akan bersifat one-to-one. Anda akan dapat membatasi siapa yang dapat mengirim DM kepada Anda (buka, ikuti saja pengguna, dan nonaktifkan). Jika Anda pernah menggunakan DM di jejaring sosial lain, pasti terasa familier,” jelasnya.

Kemudian, di mana mendatang, Bluesky juga akan memungkinkan penggunanya untuk bisa membagikan video berdurasi hingga 90 detik ke postingannya.

Sedangkan untuk feed khusus yang memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan timeline mereka yang sebelumnya hanya ada di versi web, kini akan hadir dalam versi aplikasi. Feed yang disesuaikan ini juga akan lebih akurat dalam memberikan rekomendasi postingan ke setiap pengguna.

Kemudian, Bluesky juga akan meluncurkan fitur anti pelecehan dan OAuth, yang memungkinkan pengguna masuk atau membuat suatu layanan menggunakan akun Bluesky. Atau Anda mungkin akan menemukan opsi “Masuk dengan Bluesky”.

Semua fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Bluesky mungkin akan meluncurkan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

“Kami sangat bersemangat untuk memberikan fitur-fitur yang Anda minta. Kami tidak memiliki jadwal pastinya, tetapi Anda dapat melihat semua ini dalam beberapa bulan ke depan,” tutupnya.