Aplikasi Sosial Media Baru Bluesky Mengancam Kepopuleran Twitter
Bluesky, aplikasi media sosial baru menjadi perhatian publik. (foto: tangkapan layar bluesky)

Bagikan:

JAKARTA - Bluesky , aplikasi media sosial baru menjadi perhatian publik karena dikembangkan oleh salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey. Aplikasi ini diluncurkan dalam beta tertutup pada Februari di iOS dan pada bulan ini di Android.

Walaupun tampilannya hampir sama persis dengan Twitter, Bluesky berbeda secara signifikan di dalamnya. Aplikasi ini menggunakan jaringan terdesentralisasi yang memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas cara layanan dijalankan, data disimpan, dan konten dimoderasi.

Bluesky menyebut dirinya sebagai "jaringan sosial baru untuk microblogging". Dalam aplikasi ini, pengguna dapat memposting dan mengikuti pembaruan pendek di timeline, seperti pada Twitter, namun dengan beberapa perbedaan. Saat ini belum ada hashtag dan direct message seperti di Twitter.

Bluesky berdiri secara independen dari Twitter ketika Dorsey menjabat sebagai CEO, tetapi didanai oleh perusahaan hingga menjadi organisasi independen pada Februari 2022. Dorsey menyatakan bahwa ia juga berencana untuk "membangun komunitas terbuka sekitarnya, inklusif perusahaan dan organisasi, peneliti, dan pemimpin masyarakat sipil," tetapi memperingatkan bahwa "hal ini tidak akan terjadi dalam semalam."

Beberapa pengguna Twitter yang sama yang merasa tidak puas dengan kebijakan baru Twitter yang dipimpin oleh Elon Musk, kini bergabung dengan Bluesky.

Sejak Musk mengambil alih Twitter enam bulan lalu, ia telah melakukan sejumlah perubahan kontroversial pada fitur dan kebijakan platform, termasuk penghapusan tanda centang biru dari pengguna terkenal. Beberapa pengguna yang sama juga telah secara terbuka mengkritik langkah Musk di Twitter.

Bluesky tampaknya berhasil menarik perhatian publik, di mana menurut data dari perusahaan App Annie, Bluesky telah diunduh lebih dari 375.000 kali dari App Store Apple dan masih banyak lagi permintaan pendaftaran yang belum dipenuhi.

Di Google Play Store, Bluesky dijelaskan telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Namun, masih belum jelas apakah Bluesky akan berhasil bertahan atau tidak seperti Mastodon, alternatif Twitter lainnya yang juga cukup populer.

Saat ini, Bluesky hanya tersedia untuk pengguna undangan yang bergabung dalam program beta. Pengguna yang sudah bergabung akan mendapatkan satu kode undangan setiap dua minggu untuk dibagikan kepada seseorang. Meskipun demikian, rasa eksklusifitas ini hanya menambah kegembiraan bagi mereka yang ingin bergabung dengan Bluesky.