Bluesky Segera Beroperasi dengan Tiga Karyawan Baru, Para Pakar Ada di Dalamnya
Bluesky bekerja untuk membangun protokol terbuka untuk media sosial. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA  - Bluesky, sebuah perusahaan yang didanai oleh Twitter Inc, untuk mengembangkan standar operasi baru untuk media sosial, pada Kamis, 31 Maret akan menunjuk tiga karyawan pertamanya. Ini dilakukan lebih dari dua tahun, setelah pendiri Twitter Jack Dorsey pertama kali mengumumkan inisiatif tersebut.

Bluesky bekerja untuk membangun protokol terbuka untuk media sosial dengan tujuan memungkinkan platform sosial yang berbeda untuk beroperasi bersama. Ini diyakini akan mewakili perubahan mendasar dari lanskap media sosial saat ini.

Internet saat ini didominasi oleh raksasa teknologi tertutup seperti Google Alphabet Inc  dan Facebook Meta Platforms Inc, yang berfungsi secara sepihak. Tetapi di dunia platform media sosial terdesentralisasi di masa depan, pengguna Twitter dapat mengirim pesan ke seseorang di Reddit, misalnya.

Dorsey, yang bergabung dengan dewan Bluesky pada Februari lalu, mengatakan visi itu bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk membuahkan hasil. Pengguna media sosial akan memiliki kontrol yang lebih besar atas jenis konten yang ada di feed mereka. Bahkan mereka juga dapat mengambil data mereka dan dengan mudah beralih ke aplikasi media sosial yang berbeda.

Aaron Goldman, yang sebelumnya bekerja di Twitter dan Google, akan bergabung dengan Bluesky sebagai insinyur keamanan. Ini diketahui dari posting blog Twitter yang akan diterbitkan pada Kamis lalu.

Daniel Holmgren dan Paul Frazee juga bergabung sebagai insinyur protokol. Holmgren sebelumnya ikut mendirikan startup teknologi, dan Frazee sebelumnya membangun browser web bernama Beaker.

Dengan tim awal yang terkumpul, perusahaan akan dapat membangun prototipe pertamanya dengan keterlibatan dari para ahli teknologi lain di industri ini, tulis Chief Executive Officer Bluesky, Jay Graber, dalam posting blog yang dikutip Reuters.