Merasa Depresi? Ceritakan di KALM, Layanan Konseling <i>Online</i> yang Utamakan Privasi dan Bikin Nyaman
Layanan konseling online KALM menjadi solusi untuk menjaga kesehatan mental berbagai kalangan. (get-kalm)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak faktor yang bisa jadi pemicu munculnya pikiran-pikiran negatif sehingga dapat menyebabkan depresi, stres, merasa tertekan hingga munculnya dorongan untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. KALM hadir sebagai platform konseling berbasis chat yang bersifat rahasia untuk membantu mereka yang mengalami permasalahan tersebut.

KALM tidak hanya menghadirkan layanan konseling berbasis chat saja, KALM juga memiliki layanan konseling berbasis video. Layanan video ini memudahkan mereka yang lebih suka mengobrol dan menatap wajah lawan bicara ketimbang curhat lewat chat.

Berdasarkan laman resminya get-kalm.com, KALM adalah platform konseling online yang bertujuan untuk memberikan tempat aman bagi seseorang untuk menceritakan masalahnya dengan didampingi oleh Kalmselor (Psikolog/Konselor Profesional KALM). Layanan konseling KALM tidak bermaksud menggantikan layanan konseling tatap muka secara langsung, namun sebagai alternatif pilihan bagi orang-orang yang masih awam dengan konseling. Apalagi di tengah situasi pandemi saat ini.

Sebagian besar orang dengan gejala depresi atau stres, entah diakibatkan oleh lingkungan pergaulan seperti perundungan atau bullying hingga tekanan dari dunia kerja atau masalah pribadi, masih enggan menanyakan permasalahan yang sesungguhnya sangat dibutuhkan. Hasilnya pemicu depresi, stres, tekanan batin, dan kondisi negatif lainnya semakin membesar sehingga memperburuk kondisi kejiwaan seseorang.

KALM Utamakan Privasi

KALM menghadirkan layanan konseling online yang bersifat rahasia, nyaman digunakan, dan biaya terjangkau. Selain itu, KALM juga memiliki para konselor profesional (biasa disebut Kalmselor) yang dapat diakses sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Untuk mendaftar di KALM cukup mudah, pengguna bisa menggunakan nama samaran dan memasukkan alamat email. Jadi tidak diharuskan menggunakan nama asli sesuai KTP. Ini ditujukan untuk memberi kenyamanan kepada pengguna yang ingin berkonsultasi dan menjaga privasi mereka.

“KALM mengizinkan Anda untuk mendapatkan konseling online yang aman dan privat melalui smartphone atau tablet Anda sendiri. Apapun yang Anda bicarakan di dalam KALM bersifat rahasia,” tulis pihak KALM di laman resminya.

Hadirnya platform konseling online ini memudahkan para pengguna untuk berkonsultasi dengan konselor profesional di mana saja dan kapan saja.

“Anda tidak perlu lagi membuat janji ataupun pergi ke kantor konselor terlebih dahulu. Mulailah proses konseling online KALM kapanpun dan di manapun Anda berada.”

“Ceritakanlah apa yang sedang kamu alami dengan Kalmselormu, kapanpun dan di manapun. Kalmselormu akan secara teratur merespon 1-2 kali sehari,” tulis pihak Kalm di aplikasi.

KALM Buka Layanan Konseling untuk Perusahaan

KALM tidak hanya ditujukan untuk para individu saja, platform konseling online tersebut juga memiliki layanan konseling untuk perusahaan, yakni KALMporate. Dengan mengusung slogan Happier Employees = Better Companies, platform menyatakan bahwa 70 persen orang mengalami stres karena pekerjaan, dan 40 persen orang terancam kesehatan mentalnya akibat mengalami overwork atau terlalu banyak bekerja.

“Ketika kesehatan mental seseorang terganggu, maka produktivitas dan pencapaian kerja pun akan menurun,” tulis KALM di web resminya.

“Layanan KALMporate kami dapat membantu dan mengarahkan agar karyawan bisa berada di keadaan terbaiknya untuk bisa berfungsi secara optimal karena KALM percaya happier employees = better companies.”

Aplikasi KALM

Di sisi lain, hadirnya aplikasi KALM sangat memudahkan penggunanya atau orang-orang yang ingin menjaga kesehatan mental. Di dalam aplikasi, pengguna akan disuguhkan dengan video dari psikolog dan juga sejumlah artikel menarik yang mampu menopang kesehatan mental penggunanya. Aplikasi juga memiliki tampilan visual yang ramah untuk pengguna generasi muda maupun umum.

Informasi tambahan, aplikasi KALM dapat diunduh di toko aplikasi Apple Store untuk iOS dan Google Play untuk Android. Untuk informasi lebih lanjut, pengguna yang ingin mengenal KALM lebih dalam bisa terlebih dahulu membaca keterangan di webnya get-kalm.com.

Aplikasi KALM meluncur pada 6 Oktober 2018 lalu dan sudah diunduh lebih dari sepuluh ribuan pengguna. Ini merupakan aplikasi yang aman dan nyaman digunakan untuk konsultasi kesehatan mental dengan psikolog.