Bagikan:

JAKARTA - Setelah empat tahun lalu meluncurkan PS5, Sony mengumumkan langkah selanjutnya dalam evolusi tersebut dan menyambut PlayStation 5 Pro, yang akan diluncurkan pada 7 November 2024. 

“Kami mengembangkan PS5 Pro dengan mempertimbangkan pemain dan kreator gim yang sangat terlibat, karena banyak yang menginginkan konsol yang menjalankan grafis dengan fidelitas lebih tinggi dengan frame rate yang lebih halus,” kata CEO, Grup Bisnis Platform, Interactive Entertainment, Hideaki Nishino dalam pengumumannya. 

PS5 Pro hadir dengan GPU yang memiliki 67 peraeb lebih banyak Compute Units daripada konsol PS5 saat ini, serta memiliki memori 28 persen lebih cepat. 

Secara keseluruhan, Sony mengatakan bahwa hal ini memungkinkan rendering hingga 45 persen lebih cepat untuk bermain gim, sehingga bermain gim menjadi jauh lebih lancar. 

Lebih lanjut, Sony juga memperkenalkan PlayStation Spectral Super Resolution, peningkatan berbasis AI yang memberikan kejernihan gambar super tajam dengan menambahkan sejumlah detail yang luar biasa. 

Peningkatan lainnya termasuk PS5 Pro Game Boost, yang dapat diterapkan pada lebih dari 8.500 gim PS4, sehingga bisa menstabilkan atau meningkatkan performa fim PS4 dan PS5 yang didukung. 

Enhanced Image Quality untuk gim PS4 juga tersedia untuk meningkatkan resolusi pada gim PS4 tertentu. PS5 Pro juga akan diluncurkan dengan teknologi nirkabel terbaru, Wi-Fi 7, VRR dan gim 8K juga didukung.

PS5 Pro juga sangat cocok dengan jajaran produk PS5 dan kompatibel dengan aksesori PS5 yang tersedia saat ini, termasuk PlayStation VR2, PlayStation Portal, DualSense Edge, Access Controller, Pulse Elite, dan Pulse Explore.

Konsol PS5 Pro akan tersedia dengan harga eceran yang disarankan produsen (MSRP) sebesar 699,99 dolar AS atau sekitar Rp10,8 juta.

Saat dijual, konsol ini akan dilengkapi dengan SSD 2TB, kontroler nirkabel DualSense, dan salinan Astro's Playroom yang sudah terpasang di setiap pembelian PS5 Pro. 

PS5 Pro tersedia sebagai konsol tanpa cakram, dengan opsi untuk membeli Disc Drive for PS5 yang saat ini tersedia secara terpisah.