Bagikan:

JAKARTA - Bluesky, platform media sosial alternatif X, mengumumkan telah menghilangkan daftar tunggunya dan membuka layanan secara umum kepada semua orang di seluruh dunia. 

Sejak diluncurkan kurang lebih satu tahun yang lalu, Bluesky menggunakan sistem kode undangan ke pengguna jika ingin mendaftar atau membuat akun Bluesky mereka. 

“Selama setahun terakhir, kami menggunakan kode undangan untuk membantu kami mengelola pertumbuhan sementara kami membuat fitur seperti alat moderasi, feed khusus, dan banyak lagi,” tulis perusahaan dalam pengumuman resminya dikutip Rabu, 7 Februari. 

Selama satu tahun itu, Bluesky telah memastikan bahwa keamanan adalah inti dari media sosial. Dengan demikian, Bluesky memoderasi aplikasi sesuai dengan pedoman komunitas platform.

Dalam beberapa minggu mendatang, Bluesky akan merilis layanan pelabelan yang akan memungkinkan pengguna atau organisasi untuk menyusun lebih banyak opsi selain preferensi moderasi yang ada. 

Misalnya, organisasi pengecekan fakta dapat menjalankan layanan pelabelan dan menandai postingan sebagai “sebagian salah”, “menyesatkan”, atau kategori lainnya. Kemudian, pengguna yang mempercayai organisasi ini dapat berlangganan label mereka.

Terakhir, bulan ini, Bluesky juga akan meluncurkan versi awal eksperimental fedaration, atau fitur yang membuat jaringan begitu terbuka dan dapat disesuaikan. 

“Di Bluesky, Anda akan memiliki kebebasan untuk memilih daripada harus mengikuti keinginan perusahaan swasta atau algoritme kotak hitam,” tutup pengumuman itu.