Dikenal dengan Bunga Kupu-Kupu, Tanaman Oxalis Cantik untuk Hias Teras Rumah
Ilustrasi tanaman oxalis ungu (Pexels/Ryutaro Tsukata)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman hias oxalis atau dikenal dengan bunga kupu-kupu bisa dirawat dengan mudah. Cara mengembangbiakkan tanaman cantik berona ungu ini juga tidak susah.

Bunga oxalis, dilansir Klik Hijau, Rabu, 4 Agustus, merupakan genus terbesar dari famili Oxalidaceae. Famili tersebut terdapat lebih dari 550 spesies dan tumbuh di iklim tropis kawasan Amerika Selatan dan Asia Selatan.

Jika di Indonesia dikenal dengan bunga calincing kupu, sebab struktur daunnya seperti kupu-kupu cantik. Disebut juga dengan wood sorrels dan false shamrocks. Paling banyak dibudidayakan dan dijadikan tanaman hias adalah spesies Oxalis triangularis.

Spesies tersebut daunnya berwarna ungu. Dalam satu tangkai terdapat tiga hingga empat lembar daun berbentuk segitiga. Warna bunganya putih keunguan dan batangnya hijau muda.

Tanaman oxalis paling cocok untuk pagar tanaman atau tanaman gantung yang menghias teras rumah. Jadinya akan menghasilkan komposisi warna yang cantik apabila dipadukan dengan rumput hias atau tanaman hias yang berwarna hijau.

Cara merawat oxalis perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

Letakkan di tempat yang terpapar matahari

Seperti karakter tanaman hias yang memiliki habitat asli di kawasan tropis, bunga kupu-kupu juga menyukai cahaya matahari pagi hingga menjelang siang. Jika enggan berbunga pada bulan April hingga September, bisa jadi karena butuh cahaya matahari lebih.

Tidak suka disiram terlalu sering

Tanaman oxalis batangnya banyak mengandung air. Oleh karena itu, apabila disiram air terlalu sering akan membuat akar dan batangnya mudah busuk.

Direkomendasikan menyiram ketika media tanam sudah mulai mengering. Siram pada media tanam jika atau jika dengan selang spray boleh mengenai daunnya.

cara merawat tanaman oxalis
Ilustrasi cara merawat tanaman oxalis (Instagram/@oxalis_plants)

Pilih media tanam yang sesuai

Tanaman yang daunnya suka membuka dan menutup, oxalis, menyukai tanah yang sedikit asam. Media tanam bisa campuran antara tanah subur dan sekam bakar. Sebulan sekali bisa ditambahkan kompos serta sisa bubuk kopi supaya menjaga tingkat keasaman yang disukai tanaman cantik ini.

Tertarik merawat tanaman oxalis yang warna apa? Ragam warna spesies Oxalis triangularis ada beberapa macam, mulai dari yang berwarna ungu, hijau, hijau semu ungu di bagian tengahnya, dan hijau bermotif ungu. Di market place, harga tanaman cantik ini kisaran Rp.25.000 hingga Rp.50.000.