8 Tanaman yang Bisa Ditanam di Stoples Kaca dan Botol untuk Percantik Ruangan
Ilustrasi tanaman dalam ruangan yang bisa ditanam di stoples kaca atau botol (Freepik/Lanther)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kalau banyak stoples kaca dan botol bekas minuman atau selai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang hidup tanaman-tanaman kecil yang bisa mempercantik ruangan dalam rumah. Alih-alih membuang atau mengirimkannya pada pengumpul sampah non organik, Anda bisa ‘merumahkan’ tanaman di bawah ini pada stoples kaca kecil dan botol.

1. Tanaman herbal

Selain mempercantik ruangan, tanaman herbal juga cukup fleksibel untuk ditanam di pot kecil dari stoples kaca. Tanaman tersebut antara lain, oregano, rosemary, thyme, mint, dill, daun bawang, dan peterseli. Tanaman ini bisa dengan mudah ditanam, tetapi pastikan media tanamnya tidak terlalu lembap supaya akar tidak busuk.

tanaman dalam ruangan ditanam di stoples kaca dan botol
Ilustrasi tanaman dalam ruangan yang bisa ditanam di stoples kaca atau botol (Freepik/gitarina)

2. Pothos

Bisa menggunakan media tanam tanah atau air untuk menanam pothos dalam stoples atau botol. Tanaman dengan nama botani Epipremnum aureum, dikenal juga dengan nama ‘sirih gading’ yang cukup fleksibel ditanam di dua media tanam.

3. Tradescantia

Banyak varietas tanaman Tredescantia, yang memiliki 85 spesies dan berasal dari Amerika. Tanaman ini tersebar hingga Argentina bagian utara termasuk Hindia Barat. Tanaman daun yang berwarna menawan dengan aksen garis ini, bisa mempercantik ruangan Anda.

tanaman dalam ruangan ditanam di stoples kaca dan botol
Ilustrasi tanaman dalam ruangan yang bisa ditanam di stoples kaca atau botol (Freepik/Bilal)

4. Kaktus

Varietas kaktus bisa ditanam di stoples kaca dan botol, diantaranya, Angel’s wing, Bunny ears, dan Bishop’s cap. Tanaman ini tampak sederhana, mungil, dan cantik.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Termasuk gelnya dapat membantu melembapkan kulit dan membuat rambut berkilau. Tanaman ini juga mudah ditanam di toples kaca dengan ukuran lebih kecil.

6. Sukulen

Sukulen ukurannya kecil, lucu, dan berwarna-warni. Anda dapat memetiknya saat propagasi dan letakkan pada stoples kaca. Jangan terlalu sering menyiramnya, karena akarnya rawan busuk apabila media tanam terlalu lembap. Anda bisa menambahkan arang di bagian bawah stoples untuk lapisan drainase.

7. Oxalis ungu

Tanaman dalam ruangan yang bisa ditanam di stoples dan botol selanjutnya, oxalis ungu. Daunnya berbentuk seperti sayap kupu-kupu dengan warna ungu kemerahan. Bunganya juga cantik nan mungil. Kalau menanam tanaman ini dalam ruangan, simpan di tempat yang mendapatkan sinar matahari.

8. Snake plant

Nama botani tanaman ini ialah Dracaena trifasciata dengan warna hijau dan garis kuning. Melansir Balcony Garden Web, Selasa, 28 November, warna kontras dari tanaman snake plant ini, akan sempurna secara visual apabila diletakkan dalam stoples kaca bening.

Itulah tanaman dalam ruangan yang bisa ditanam di stoples kaca dan botol. Kalau Anda tertarik mulai menanamnya untuk menghias ruangan, persiapkan perlengkapan bertanam sekaligus media tanam terbaik.