8 Manfaat Bunga Peace Lily Menurut Penelitian, Salah Satunya Bisa Bantu Hilangkan Spora Jamur di Ruangan
Ilustrasi (Elena Golovchi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bicara tentang tanaman hias, bunga peace lily adalah salah satu tanaman yang paling populer karena minim perawatan dan juga penampilannya. Peace lily memiliki ciri bunga putih besar dan daun hijau yang mengkilap.

Namun tahukah Anda selain sebagai tanaman hias populer, bunga peace lily juga punya ragam manfaat baik. Simak terus artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Membersihkan udara

Berbagai polutan udara yang ada di rumah dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari Balcony Garden Web, Senin, 20 November, udara di dalam ruangan bisa sama berbahayanya dengan udara di luar ruangan. Namun, Anda dapat mengendalikan udara berbahaya dengan memiliki ventilasi rumah yang baik dan mengidentifikasi serta menghilangkan sumber di balik polusi ini. 

Menanam tanaman hias di dalam ruangan juga merupakan salah satu cara untuk menguranginya. Peace lily adalah salah satu tanaman tersebut. Sebab tanaman hias ini dapat menyerap benzena, formaldehida, toluena, xilena, dan karbon monoksida secara efektif. Manfaat ini bahkan sudah dibuktikan dalam eksperimen NASA. Peace lily juga sama efektif dengan Golden Pothos dalam menyerap VOC, dan telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan di Jepang .

Percantik ruangan

Soal rupa, tidak perlu khawatir sebab bunga peace lily merupakan salah satu tanaman hias paling populer karena keindahannya yang mempesona. Bunga berwarna putih dengan bentuknya yang unik ini sebenarnya bukanlah bunga. Melainkan kelopak melengkung yang menutupi bunga kecil sebenarnya. Anda bisa menanamnya di pot hias untuk menambah keindahannya.

Tanaman minim perawatan

Bunga peace lily bukan hanya tanaman yang perawatannya rendah, tetapi juga bisa tumbuh tanpa sinar matahari. “Tumbuh tanpa sinar matahari” berarti dapat tumbuh di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang. Tampilannya yang bagus dan perawatannya yang minim menjadikannya pilihan yang jelas di kalangan pencinta tanaman hias dalam ruangan.

Mencegah pembentukan jamur

Kadar udara yang lembab di toilet menyediakan lingkungan subur bagi pertumbuhan jamur, terlebih lagi pada tirai kamar mandi dan nat ubin. Karena bunga peace lily tumbuh subur di kondisi lembab, menyimpannya di kamar mandi tidak hanya akan menguntungkan pertumbuhannya. Tetapi juga akan menyerap kelembapan berlebih dari udara di sekitar. Sehingga berdampak pada berkurangnya perkembangan jamur di kamar mandi.

Menyerap uap aseton

Uap berbahaya dari alkohol dan aseton diketahui berdampak buruk pada kesehatan. Aseton umumnya ditemukan dalam penghapus cat kuku, pernis, cat, dan alkohol gosok. Paparan aseton yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan aseton, yang dapat menyebabkan bicara tidak jelas, sakit kepala, kurang koordinasi, lesu, dan tekanan darah rendah. Peace lily menyerap uap aseton yang berbahaya dan menjaga keberadaannya di udara sekitar tetap terkendali.

Penghilang spora jamur

Spora jamur yang tumbuh subur di lingkungan lembap dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan banyak masalah kesehatan bagi orang yang sensitif terhadapnya. Paparan spora jamur dapat menyebabkan iritasi tenggorokan, iritasi mata, hidung tersumbat, batuk, iritasi kulit, atau mengi. Orang yang menderita penyakit paru-paru kronis, asma, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah mempunyai risiko kesehatan lebih tinggi terkena paparan jamur. Kabar baiknya, peace lily dapat mengurangi spora jamur dari udara sekitar dengan cara menyerapnya.

Tanaman hias kamar tidur terbaik

Tanaman peace lily (Spathiphyllum) menyaring udara dalam ruangan dan membantu mengurangi senyawa organik yang mudah menguap. Tanaman ini juga menyerap spora jamur di udara, yang merupakan alergen umum dan bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak.

Peace lily terlihat indah dan menghadirkan ketenangan jika dilihat dari daunnya yang hijau mengilap dan daun bracts putih besar. Menurut Feng shui, peace lily membawa energi positif dan sentuhan damai ke dalam ruangan.

Tanaman Hias yang aman bagi peliharaan

Peace lily tidak mengandung senyawa beracun yang benar-benar berbahaya. Setidaknya hanya mengandung kalsium oksalat yang tidak larut, yang juga ditemukan di banyak buah dan sayuran. Tidak sengaja menelan daunnya dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan rasa terbakar di lidah. Anda dapat menanamnya di dalam ruangan tanpa mengkhawatirkan kesehatan hewan peliharaan.