Gerakan Peregangan untuk Menghilangkan Stres, Bisa Dilakukan di Kantor
Ilustrasi peregangan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Ada banyak gerakan peregangan untuk menghilangkan stres sekaligus menjaga kesehatan mental. Bahkan Anda bisa melakukan gerankan tersebut di mana saja dan kapan saja. Misalnya, Anda bisa melakukan sedikit peregangan di sela waktu kosong saat di kantor.

Gerakan Peregangan untuk Menghilangkan Stres

Pada dasarnya, stress adalah bentuk respon terhadap tekanan baik berupa fisik atau bisa juga bersifat emosional. Tekanan itu mengharuskan seseorang harus menyesuaikan diri. Jika terjadi dalam waktu yang panjang, stress bisa berdampak pula pada kondisi psikis bahkan fisik.

Untuk meredakan stress, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan peregangan ringan. Beberapa gerakan peregangan ringan yang bisa dilakukan untuk meredakan stress adalah sebagai berikut.

  1. Savasana

Dikutip dari situs The American Institute of Stress, savasana adalah posisi istirahat sekaligus relaksasi. Posisi ini memang tidak akan melatih otot tertentu di tubuh karena pose ini bukan untuk kekuatan. Cara savasana untuk meredakan stres juga cukup mudah, yakni dengan berbaring terlentang dengan posisi tangan di lantai dan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lutut juga harus terbuka, sedangkan jari kaki diarahkan menjauh dari tubuh.

Lakukan gerakan savasana dengan rileks. Atur pernapasan dengan cara lambat namun dalam. Jika sudah cukup jangan langsung duduk, namun berguling ke samping dan lakukan napas dalam lagi.

  1. Peregangan Leher

Saat stress, leher jadi salah satu bagian tubuh yang akan terasa kencang. Untuk melemaskan otot di area leher dibutuhkan peregangan. Caranya adalah dengan menunduk hingga dagu menyentuh dada sambil bernapas dengan perlahan dan dalam. Setelah itu arahkan dagu ke kanan dan kiri. Tahan masing-masing gerakan selama 10 detik.

  1. Lower Back Bend

Gerakan ini melibatkan otot di area punggung bawah. Caranya cukup sederhana yakni dengan posisi berdiri atau duduk dengan kaki serata mungkin dengan lantai. Setelah itu letakkan telapak tangan di punggung lalu arahkan dada ke arah atas. Tahan selama 10 detik sambil bernapas dengan pelan.

  1. Putar Tulang Punggung

Tulang punggung terdiri dari otot yang sangat mungkin menegang saat Anda stres. Untuk melemaskannya lagi, lakukan posisi duduk dengan tangan disilangkan di depan dada. Putar bahu ke kanan selama 10 detik dan kiri 10 detik.

  1. Hamstring Stretch

Caranya adalah ambil posisi duduk lalu rentangkan kaki kanan ke depan sedangkan kaki kiri dilipat ke arah paha kanan dalam. Pastikan juga pinggul menghadap ke depan. Setelah itu rapatkan tubuh searah dengan kaki kanan semaksimal mungkin. Selama melakukan gerakan ini tarik napas dalam lalu hembuskan perlahan. Anda akan merasakan tarikan otot di kaki dan punggung.

Peregangan ini bisa dilakukan di rumah setelah bangun tidur atau saat di kantor di sela-sela pekerjaan Anda. Jika dalam peregangan mengalami masalah segera konsultasikan ke dokter. Selain gerakan peregangan untuk menghilangkan stres, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.