Waspadai Kencing Berbusa, Bisa Jadi Indikasi Penyakit Serius
Penyebab Kencing Berbusa (Gambar John Thomas-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian mengalami saat sedang kencing dan meliat kencing kalian itu berbusa? Tentunya hal ini tak boleh diremehkan karena bisa menjadi suatu pertanda kalau kencing kalian bermasalah. Lantas, kira-kira seperti apa sih penyebab kencing berbusa itu?

Pasalnya, kalau kita definisikan, kencing atau urine merupakan sisa dari limbah tubuh manusia yang diproses melalui ginjal. Biasanya proses itu disebut dengan proses ekresi yang di mana merupakan pembuangan sisa-sisa dari metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Pada umumnya kencing normal bakalan memiliki warna kuning bening, tidak pucat dan keruh. Tetapi urine juga bisa berwarna putih bening apabila kalian terlalu banyak mengkonsumsi air putih. Dan hal itu amat dianjurkan oleh dokter karena kalian punya kesadaran untuk banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya.

Nah jika berbusa beda lagi ceritanya. Sebenarnya bisa karena beberapa faktor sih. Oleh karena itu simak beberapa penyebab kencing berbusa di bawah ini;

Beberapa Penyebab Kencing Berbusa

  1. Urine yang Mengalir Deras ke WC

Analoginya seperti pancuran air yang mengalir deras, dari aliran air yang mengalir deras tersebut, bakal mengakibatkan air itu berbusa. Sama halnya pula dengan kencing. Bila aliran kencing Kalian pada saat buang air kecil sangat deras, maka bakal mengakibatkan urine itu berbusa.

Hal itu bakalan terjadi apabila Kalian jarang buang air kecil, serta Kalian juga mengkomsumsi air putih dengan intesitas yang banyak. Wajarlah kalau hal itu bakal mengakibatkan urine Kalian menumpuk. Saat Kalian buang air kecil, kencing yang dikeluarkan mengalir deras, serta jumlahnya banyak. Bila itu terjalin, Kalian tidak usah panik, sebab perihal itu terbilang wajar. Untuk gejala yang satu ini kalian tidak perlu panik ya!

  1. Akibat Dehidrasi

Kehilangan cairan tubuh pula juga bisa mengakibatkan urine berbusa. Sebab karena kita terlalu sedikit dalam mengkonsumsi air dalam per harinya. Saat Kehilangan cairan tubuh, urine Kalian bakal berupa kuning pekat, serta berbusa. Kiat mengatasinya tidaklah terlalu sulit kok.

 Kalian cuma butuh komsumsi air putih yang banyak. Jangan sampai kehilangan cairan tubuh lagi. Kalian bisa mengecek warna urine, sehabis Kalian minum banyak air putih. Bila sudah kembali berupa kuning bening, ataupun putih bening, Kalian bisa melanjutkan rutinitas Kalian kembali, tanpa mesti takut dengan kondisi kencing Kalian.

  1. Indikasi Penyakit Ginjal

Urine serta Ginjal merupakan sejoli yang tidak bisa dipisahkan. Bila terjadi sesuatu pada ginjal, bisa dipastikan kalau kencing yang keluar tidaklah wajar. Urine yang berbusa pula bisa membuktikan sebuah indikasi penyakit pada ginjal. Bila terjadi permasalahan pada ginjal, protein bisa saja bocor dari ginjal ke dalam kencing. Protein yang bercampur dengan urine inilah yang bakal mengakibatkan urine jadi berbusa. Segera periksakan ke dokter Spesialis urologi, bila Kalian alami indikasi ini.

  1. Indikasi Terkena Diabetes

Protein serta glukosa merupakan suatu molekul besar. Apabila badan alami kelebihan glukosa, maka wajar kalau ginjal tidak bisa menyaringnya. Walhasil, gula darah bakalan masuk ke dalam kencing, serta mengakibatkan urine jadi berbusa. Perihal itu tidak dapat dianggap sepele, sebab mampu menyebabkan komplikasi pada ginjal karena penyakit diabetes.

Jadi bisa disimpulkan kalau penyebab kencing berbusa kita tinggal cek saja gejala yang ada di atas dan lakukan beberapa penanganan sederhana sesuai saran di atas. Namun apabila ada gejala yang cukup serius sampai berimbas kepada tubuh, tak usah dipikir dua kali, segeralah pergi ke dokter untuk memeriksa keadaan tubuh kalian.

Jadi setelah mengetahui beberapa penyebab kencing berbusa, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!