5 Gerakan Peregangan untuk Mengatasi Kaki Pegal setelah Jalan Jauh
Ilustrasi cara peregangan kaki pegal setelah jalan jauh (Unsplash/Jamie Waynick)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah jalan jauh, kaki terasa berat, pegal, dan agak lelah. Latihan peregangan kaki bisa membantu mengatasinya. Peregangan, baik untuk menangani ketegangan otot dan bisa merilekskan serat-serat otot.

Cara mengatasi kaki pegal setelah jalan jauh, bisa diredakan dengan lima gerakan yoga sederhana berikut ini.

1. Naikkan kaki ke atas tembok

Gerakan pertama ini, merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan aliran darah serta merangsang sistem limfatik. Melansir Lifesavvy, Selasa, 27 September, gerakan ini juga dapat membantu memecah asam laktat.

Peregangan untuk kaki pegal, dilakukan dengan ambil posisi berbaring di depan tembok. Kemudian angkat kedua kaki ke atas. Lakukan posisi ini selama lima menit. Jika ini terlalu berat, Anda bisa mengangkat kaki ke atas kursi untuk mengendurkan betis. Ini akan memberikan manfaat yang sama dengan gerakan pertama di atas.

peregangan kaki pegal
Ilustrasi cara peregangan kaki pegal setelah jalan jauh (iStockphoto/Urilux)

2. Duduk di lantai dan luruskan kedua kaki

Anda bisa memakai alas untuk gerakan kedua ini. Caranya, duduklah di lantai dengan kaki lurus. Tumpuan inti tubuh pada bokong, paha, dan tungkai. Kemudian, rentangkan kedua kaki melebar ke kanan dan kiri dengan tumpuan yang sama. Sambil melakukan gerakan ini, tarik napas dalam-dalam dan dorong tangan ke lantai. Ini membantu tulang belakang meregang dan lurus vertikal.

Ulangi gerakan ini sampai punggung melengkung ke depan. Rilekskan tubuh dan kepala saat melakukannya. Gerakan ini, bisa dilakukan selama dua menit untuk mengatasi kaki pegal dan tubuh tegang.

3. Pose merpati

Peregangan kaki pegal yang ini, bisa dimulai dengan lunge pelari di sisi kanan dan letakkan tulang kering kaki kanan tegak lurus dengan tulang kering kaki kiri Anda. Turunkan lutut kiri dan perbaiki posisi dengan menggeser tulang kering kanan ke posisi paling nyaman. Hamstring dan fleksor akan bekerja pada posisi ini.

4. Happy baby

Ambil posisi berbaring untuk memulai peregangan selanjutnya. Tekuk lutut Anda, dekatkan ke arah dada, dan peluk erat-erat sehingga merasakan seluruh punggung rileks menempel lantai. Pegang kaki kaki dari dalam dan dorong kaki hingga telapak kanan dan kiri bersentuhan. Posisi ini bisa dilakukan selama satu menit, kemudian rilekskan kaki Anda.

5. Pose ragdoll

Cara mengatasi kaki pegal setelah jalan jauh selanjutnya, dengan gerakan pose ragdoll. Gerakan ini cukup mudah dilakukan, hanya dengan menggunakan gravitasi untuk membantu meregangkan kaki.

Mulailah dengan posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul. Perlahan bungkukkan badan ke depan hingga punggung melengkung ke bawah. Pegang siku kanan dan kiri dan tekuk lutut Anda jika membutuhkannya untuk menjaga keseimbangan.

Goyangkan sisi ke sisi dengan lembut dan biarkan kepala tetap rileks. Lakukan gerakan ini selama satu menit dan kemudian rasa pegal kaki akan berkurang.

Itulah kelima cara mengatasi kaki pegal setelah jalan jauh dengan peregangan sederhana. Peregangan di atas bisa dilakukan di rumah setelah beraktivitas. Jika memungkinkan, gerakan pose ragdoll bisa dilakukan saat Anda di kantor.