Bagikan:

YOGYAKARTA – Jangan remehkan olahraga pagi sebelum berangkat kerja. Meski ringan dan sebentar, berolahraga singkat sebelum berangkat kerja akan memberikan efek positif bagi kesehatan dan tubuh.

Tak ada alasan untuk tidak olahraga sebelum berangkat ke kantor karena ada banyak gerakan yang bisa dilakukan dengan durasi minimal 30 menit.

Daftar Olahraga Pagi Sebelum Berangkat Kerja

Untuk olahraga sebelum pergi ke kantor, Anda bisa bangun satu jam lebih awal sebelum persiapan. Setelah itu lakukan beberapa olahraga berikut ini dengan durasi 30 menit secara teratur.

  1. Peregangan Tubuh

Tak perlu melakukan gerakan yang terlalu berat dan menguras tenaga, cukup lakukan peregangan selama 30 menit sebelum siap-siap berangkat ke kantor. Peregangan yang dilakukan setelah bangun tidur akan membantu menjaga kelenturan tubuh sekaligus melancarkan peredaran darah.

Ada banyak contoh gerakan peregangan yang tersedia di internet. Yang harus diperhatikan adalah keteraturan peregangan. Disarankan pula melakukan peregangan dari kepala, tangan, hingga kaki.

  1. Angkat Barbel

Anda bisa memiliki barbel di rumah dengan bobot 1kg atau 2 kg. Angkat barbel bisa dilakukan di mana saja sehingga Anda tak perlu keluar rumah saat melakukan olahraga ini. Sebelum berangkat ke kantor Anda bisa mengangkat barbel dan mengombinasikannya dengan gerakan lain.

Angkat barbel secara rutin akan menambah kekuatan otot serta membakar kalori. Disarankan untuk memiliki barbel dengan bobot variatif agar olahraga bisa lebih maksimal.

  1. Pushup dan Situp

Pushup dan situp adalah olahraga yang praktis. Anda bahkan tak memerlukan alat tambahan seperti olahraga lain. Olahraga ini akan membantu Anda membakar lemak yang ada di tubuh. Selain itu pushup dan situp akan membantu membentuk otot di tubuh Anda.

  1. Joging Sekitar Rumah

Jika bosan melakukan olahraga di dalam rumah, Anda bisa mencoba joging. Tak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh, cukup joging mengelilingi rumah atau kompleks hunian Anda. Atur alarm di jam tangan Anda selama 30 menit untuk membatasi durasi. Hal ini dilakuan agar waktu joging tidak terlalu lama sehingga bisa tetap berangkat ke kantor tanpa terlambat.

  1. Treadmill atau Speda Statis

Dua alat ini juga sangat praktis digunakan. Bahkan Anda tetap bisa berolahraga meski cuaca sedang hujan atau karena kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Selain itu Anda bisa lebih leluasa berolahraga di dalam rumah.

Durasi yang disarankan maksimal 30 menit setiap harinya. Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk berkeringat karena jika terlalu lelah olahraga dikhawatirkan Anda tak memiliki energi untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor.

  1. Skipping

Skipping atau lompat tali adalah kardio yang praktis sekaligus murah. Bahkan olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah. Gerakan yang dilakukan adalah melompat secara teratur. Melakukan skipping akan membantu Anda menjaga kesehatan paru-paru serta menambah kapasitas napas Anda. Olahraga ini juga bisa menambah tinggi badan asal dilakukan secara benar dan teratur.

Itulah informasi terkait olahraga pagi sebelum berangkat kerja. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.