Daftar Olahraga yang Tepat Saat Puasa Lengkap dengan Waktu dan Durasinya
Ilustrasi olahraga ringan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski menjalankan ibadah puasa, olahraga tetap perlu dilakukan. Anda bisa memilih olahraga yang ringan dan melakukan olahraga tersebut di waktu serta durasi yang tepat. Saat ini ada banyak olahraga yang tepat saat puasa sehingga tak menguras energi namun tetap menyehatkan tubuh.

Daftar Olahraga yang Tepat Saat Puasa

Umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Selama menjalankan ibadah tersebut perlu dilakukan manajemen waktu dan energi agar tetap bisa berolahraga dengan maksimal. Ada beberapa olahraga yang lebih baik dihindari sementara demi kelancaran berpuasa. Sebagai gantinya Anda bisa melakukan beberapa olahraga berikut ini.

  1. Jalan Cepat Ringan

Olahraga ini sanga nyaman dilakukan meski dalam keadaan puasa. Jalan cepat bisa dilakukan pada pagi hari. Pilih rute yang sepi lalu lintas seperti jalur pedesaan atau lari di sekitar komplek hunian tinggal Anda.

Waktu yang bisa dipilih untuk olaraga jalan cepat saat puasa adalah setelah salat Subuh atau sore hari setelah salah Ashar. Durasi olahraga cukup 15 hingga 30 menit. Anda bisa meningkatkan durasi olahraga secara bertahap untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

  1. Yoga

Yoga bisa jadi alternatif olahraga yang dilakukan di bulan Ramadan. Selain menyehatkan, yoga mampu menjernihkan pikiran, menenangkan perasaan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Yoga banyak dipilih karena ringan dan tak terlalu menguras tenaga.

Waktu yang bisa dipilih untuk yoga bisa saat pagi hari setelah ibadah Subuh, atau bisa dilakukan menjelang tidur. Durasi yoga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 30 menit hingga 1 jam. Anda bisa yoga di dalam ruangan atau di ruangan terbuka.

  1. Bersepeda

Selain menyehatkan, bersepeda juga menjernihkan pikiran. Aktivitas ini efektif dilakukan meski saat berpuasa sehingga tak mengganggu ibadah. Bersepeda saat puasa bisa dilakukan setelah salah Ashar atau pada sore hari. Pilih lintasan yang datar atau minim tanjakan. Anda bisa bersepeda sambil menunggu waktu berbuka puasa. Durasi bersepeda bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulailah dari jarak yang pendek dengan panambahan jarak secara bertahap.

  1. Treadmill

Treadmill adalah alat bantu olahraga yang membantu penggunanya bisa berjalan atau berlari hanya di satu titik. Olahraga ini memungkinkan Anda berolahraga hanya di dalam ruangan. Manfaat treadmill saat puasa adalah untuk membentuk metabolisme dengan baik.

Olahraga ini bisa dilakukan pada sore hari atau malam hari setelah ibadah tarawih. Durasi yang dipilih juga menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan seperti 20 menit atau 40 menit.

  1. Senam Pelenturan

Senam pelenturan tak banyak membakar kalori, namun cukup untuk menjaga kelenturan tubuh dan mejaga agar tubuh tetap sehat. Olahraga ini bisa dilakukan meski Anda sedang puasa Ramadan. Senam bisa menjadi olahraga paling ringan yang bisa dilakukan.

Senam pelenturan bisa dilakukan pada saat pagi atau sore menjelang buka puasa dengan durasi sesuai selera. Bahkan Anda bisa melakukannya dua kali dalam satu hari dengan durasi masing-masing 10 menit.

  1. Catur

Jangan sepelekan catur. Kegiatan ini termasuk dalam olahraga karena membantu pelakunya mempertajam ingatan. Olahraga ini memang tidak secara langsung membakar kalori atau menambah masa otot, namun catur mampu melatih mempertajam ingatan. Catur bisa dilakukan kapan saja saat puasa seperti setelah sahur, siang hari, hingga sore hari. Durasinya pun bisa dilakukan sesuai kebutuhan Anda.

Itulah beberapa olahraga yang tepat saat puasa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.