Kapan Waktu yang Tepat Olahraga Sebelum Tidur?
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Little_Foxy)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berolahraga pada malam hari sebelum tidur ternyata memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan kualitas tidur, meredakan tingkat kecemasan, stres, dan membuat tubuh lebih rileks. Lantas, kapan waktu yang tepat olahraga sebelum tidur?

Waktu yang Tepat Olahraga Sebelum Tidur

Waktu yang tepat untuk olahraga sebelum tidur sebenarnya sangat bergantung pada kondisi tubuh dan jenis aktivitas olah fisik yang dilakukan.

Menyadur laman Men’s Journal, setiap orang membutuhkan jeda waktu antara olahraga malam dan waktu tidur yang berbeda-beda supaya olahraga tidak membuat susah tidur.

Jeda waktu antara olahraga malam dan waktu tidur bisa 90 menit hingga empat jam. Sebagai contoh, bila tubuh Anda dalam kondisi bugar, Anda bisa mulai aktivitas olah fisik pada pukul 19.30 sampai 20.30. Biasanya, seseorang baru bisa tidur minimal setelah jam 10.00 malam.

Pemberian jeda waktu selama 90 menit bertujuan untuk menurunkan suhu inti tubuh, menurunkan adrenalin dan endorfin, serta mengembalikan detak jantung cepat agar kembali normal setelah olahraga.

Selain kondisi tubuh, variasi jeda waktu antara olahraga dan jadwal tidur juga dipengaruhi jenis aktivitas olah fisik yang dilakukan.

Bila olahraga yang dilakukan sebelum tidur intensitasnya ringan sampai sedang, biasanya tubuh memerlukan waktu 1,5 jam untuk siap tidur.

Sementara bila jenis olahraga sebelum tidur intensitasnya tinggi, maka tubuh butuh waktu lebih dari 1,5 jam untuk siap tidur.

Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Sebelum Tidur

Kunci aktivitas olah fisik sebelum tidur adalah memastikan bahwa Ada telah memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan.

Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang supaya manfaat olahraga sebelum tidur bisa Anda rasakan dengan baik.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sebelum tidur:

  • Yoga: Melakukan yoga sebelum tidur bisa meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Dengan melakukan yoga di malam hari, tubuh menjadi lebih rileks. Sehingga Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Jalan santai: Melakukan olahraga jalan santai pada malam hari bisa membuat otot dan tubuh menjadi lebih kuat, serta membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Olahraga ini bisa membantu merekan stres sehingga istirahat malam menjadi lebih rileks. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan melakukan jalan santai selama 30 menit dengan intensitas ringan hingga sedang.
  • Peregangan: Bila Anda mengalami tingkat stress yang tinggi, otot-otot pada tubuh akan menjadi lebih tegang. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan stretching (latihan peregangan) sebelum tidur supaya tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, peregangan di malam hari juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Demikian informasi tentang waktu yang tepat olahraga sebelum tidur. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.