Cara Mempersiapkan Biaya Haji Sejak Dini Tanpa Mengganggu Cita-Cita yang Lain
Cara Mempersiapkan Biaya Haji Sejak Dini (Gambar Sulthan Auliya-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi setiap Muslim berangkat ke tanah suci itu merupakan sebuah cita-cita yang entah bagaimana harus diperjuangkan. Mengingat ibadah haji sendiri ada di rukun Islam. Nah, apakah kalian tertarik dengan cara mempersiapkan biaya haji sejak dini?

Namun untuk bisa mewujudkan mimpi untuk pergi haji tidaklah mudah. Karena di negara kita sendiri pada tahun depan biayanya sudah naik hingga menembus kisaran Rp90.263.104 per jemaahnya, cukup fantastis bukan?

Namun jangan patah semangat dulu deh, karena ada segudang jalan untuk menuju ke Ka’bah, salah satunya dengan cara mempersiapkan biaya haji sejak dini. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut.

Cara Mempersiapkan Biaya Haji Sejak Dini

1. Cari Tahu Kategori Haji Berdasarkan Ongkosnya

Langkah pertama yang harus kalian ambil yaitu dengan mengetahui jumlah biaya yang akan diperlukan dalam menunaikan ibadah haji. Hal ini penting banget agar kalian mudah nantinya untuk membuat rencana keuangan.

Karena untuk biaya regular saja diperkirakan untuk tahun 2024 akan naik hingga menembus angka Rp 90-an juta. Belum Kalau ONH, namun mengingat hal ini masih tengah digodog dan di rancang oleh Kementrian Agama, maka untuk list ONH Plus belum muncul, namun sudah pasti diatas kisaran Rp 120 jutaan deh. Perlu diketahui ONH Reguler dan ONH Plus jelas berbeda karena kelasnya yang lebih mahal maka daftar antriannya akan jauh lebih sebentar.

2. Tentukan Jumlah yang Ditabung per Bulan

Sehabis kalian memastikan ingin daftar Haji Reguler ataupun Haji Plus, sudah saatnya kalian memastikan jumlah duit yang wajib ditabung perbulan. Kalian dapat mencaritahunya dengan membuat simulasi perhitungan bayaran naik haji.

Misalkan, bila berencana naik haji memakai ONH Reguler buat 15 tahun mendatang, maka:

Contoh:

OHN Reguler sekarang = Rp40.000.000

dan Kenaikan OHN diluar inflasi = 3% per tahun

Inflasi tahunan = 7% per tahun

Setoran awal tabungan haji = Rp25.000.000

Untuk hasil tabungan = 3% per tahun

Sehingga bisa kalian taksir bayaran haji pada 15 tahun mendatang yaitu Rp178.156.782 dengan setoran bulanan yang dianjurkan buat kalian bayar yaitu sebesar Rp610.753. Cukup mudah kan menghitungnya?

3. Buat Tabungan Terpisah

Kalian boleh-boleh saja kok memiliki beberapa goals yang mau dicapai di masa depan. Bukan cuma perkara dana haji saja, melainkan pula dana darurat, perkawinan, budget liburan, sampai dana pendidikan anak. Kalian tentunya bakal pusing deh, jika mencampurkan seluruh jatah dana tersebut di satu akun. Belum lagi jumlah masing-masingnya tentu berbeda.

Oleh sebab itu, penting banget yang namanya memiliki tabungan terpisah sesuai goals supaya mudah dalam mengelola keuangan. Banyak bank syariah di Indonesia yang saat ini ikut mengeluarkan produk tabungan haji, tinggal cari tahu ketentuannya serta seleksi sesuai kondisi keuangan kalian deh

Buat kebutuhan haji, kalian dapat menyesuaikannya dengan sasaran waktu keberangkatan haji. Tetapi biasanya, tabungan jangka menengah ataupun jangka panjang yang bakal kebanyakan orang pilih.

4. Investasi Jangka Panjang

Tidak hanya menabung di bank saja sih solusinya, salah satu metode mempersiapkan tabungan haji yang saat ini banyak dipilih ialah dengan berinvestasi. Baik di reksa dana, saham, ataupun emas. Tetapi, terlebih dahulu, kalian mesti tahu sebanyak-banyaknya data tentang tiap-tiap instrumennya, ya.

Tidak hanya buat mengamankan dana doang, investasi pula diperuntukan supaya dana yang kembali dapat lebih besar sebab adanya profit yang ditambahkan. Memilah metode satu ini pastinya dengan komitmen buat investasi jangka panjang, supaya kalian betul-betul merasakan hasilnya.

5. Buat Catatan Keuangan

Memang sih kelihatannya spele, tapi juga kelihatan ribet, terkait tentang mencatat berapa duit yang keluar serta masuk dompet ataupun rekening. Tetapi, metode satu ini bakal bermanfaat dalam memantau cash and flow pribadi secara akurat dan jelas.

Kalian pastinya akan mengetahui pembelian apa saja yang sesungguhnya tidak dibutuhkan tiap bulannya. Di waktu lain selanjutnya, kalian jadi lebih selektif saat mau membelanjakan duit sebab lebih worth it dialokasikan ke kebutuhan yang lebih penting ataupun ditabung saja.

Pada kesimpulannya, catatan keuangan bakal menolong kalian buat bertanggung jawab serta dapat memulai berhemat biar tujuan adanya tabungan haji dapat tercapai tanpa hambatan.

Membuat catatan keuangan sesungguhnya tidak susah, kok. Kalian dapat menggunakan buku tulis ataupun aplikasi catatanan keuangan digital yang dapat diunduh di HP.

6. Jadikan Tabungan Haji Selaku Prioritas

Hasrat tanpa usaha ataupun usaha tanpa hasrat berdampingan tidak bakal membuat tujuan kalian tercapai. Dalam masa ikhtiar buat sesuatu hal, hasrat butuh dimantapkan setiap saat serta dibarengi dengan aksi buat mewujudkannya.

Bila kalian hanya berangan-angan mau melakukan ibadah haji tanpa dilandasi hasrat yang kuat, pastinya rasa malas buat mulai menabung bakal selalu menghantui. Bentuknya dapat seperti godaan buat jajanan, traveling, belanja, serta main.

Maka dari itu, bila kalian memanglah mau lekas naik haji ke Tanah Suci, tetapkan niatnya dalam hati kalian serta peruntukan tujuan tersebut selaku prioritas. Dengan begitu, kalian jadi tidak merasa keberatan mengumpulkan dana buat tabungan haji semenjak dini.

7. Cari Pendapatan Tambahan

Bertambahnya tujuan serta prioritas dalam hidup kerapkali mewajibkan kalian mencari strategi baru buat dapat mewujudkannya. Sama semacam saat mau ganti laptop, tentu sudah direncanakan dari bulan-bulan sebelumnya serta mulai bekerja keras supaya memiliki pendapatan lebih agar bisa untuk tambahan.

Demikian juga dalam mempersiapkan tabungan haji. Terlebih nominal yang wajib ditabung secara teratur tiap bulannya lumayan besar. Sehingga, mencari pendapatan ekstra dari pekerjaan ataupun bisnis sampingan butuh kalian lakoni.

Bukan hanya demi memacu tercapainya sasaran tabungan haji, melainkan pula supaya kebutuhan yang lain dapat terpenuhi semuanya. Sehingga kalian juga tidak bakal takut dengan keadaan keuangan dan masa depan kalian.

Jadi setelah mengetahui cara mempersiapkan biaya Haji sejak dini, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!