Bagikan:

YOGYAKARTA - Jogging atau lari ringan merupakan olahraga yang cukup digemari oleh banyak orang. Selain mudah dilakukan, olahraga yang satu ini juga tidak memerlukan perlengkapan yang ribet. Ada yang suka jogging pada sore hari, pagi, maupun malam. Tapi sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk lari jogging?

Olahraga jogging digemari karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain meningkatkan kesehatan jantung dan menguatkan stamina, olahraga ringan ini juga dapat menurunkan berat badan hingga mencegah stres. Alasan lain mengapa orang-orang tertarik jogging karena praktis, tidak perlu peralatan khusus dan bisa dilakukan di berbagai tempat. 

Banyak orang melakukan jogging di waktu senggang, bisa itu sebelum atau setelah beraktivitas maupun di hari libur. Namun kapankan waktu yang tepat untuk lari atau jogging?

Waktu yang Tepat untuk Lari Jogging

Olahraga jogging biasanya dilakukan di luar ruangan atau outdoor, seperti di jalan lengang, lapangan, taman, dan area terbuka lainnya. Jogging merupakan olahraga kardio yang bertujuan meningkatkan kebugaran fisik dan stamina tubuh. 

Jogging di Waktu Sore

Meski bisa dilakukan dengan mudah dan kapan saja, namun ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk melakukan jogging. Waktu paling ideal untuk olahraga lari ternyata adalah sore menjelang malam. Pada jam-jam tersebut, tubuh sedang mencapai puncaknya sehingga bagus untuk beraktivitas. 

Berdasarkan Journal of Sports Science & Medicine, hampir semua orang mengalami puncak suhu pada rentang waktu jam 4 hingga 5 sore. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa jam biologis atau ritme sirkadian di sore hari membuat suhu tubuh jadi naik, sehingga olahraga jogging jadi maksimal. 

Dengan fungsi yang maksimal, maka tubuh bisa bekerja dengan baik untuk membakar kalori. Selain itu, adaptasi otot juga bisa membuat tubuh lebih siap dalam menghadapi perubahan medan berlari dan mengurangi risiko cedera. 

Sebuah riset dari American Journal of Physiology Lung Cellular and Molecular Physiology juga menyebutkan bahwa organ paru-paru akan bekerja lebih bagus saat rentang waktu sore hari. Di waktu tersebut, paru-paru dapat menyerap oksigen dengan maksimal sehingga kegiatan berlari Anda akan lebih mudah. 

Lari atau jogging yang dilakukan pada sore hari juga memberikan manfaat lain bagi tubuh. Aktivitas tersebut akan membantu Anda bisa tertidur lebih cepat karena lari sore mendorong produksi hormon melatonin atau hormon pemicu tidur.

Jogging di Waktu Pagi Hari

Olahraga lari atau jogging sebenarnya juga baik dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Aktivitas yang dilakukan di waktu pagi bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, jogging di jam tersebut juga dapat membakar lebih banyak kalori. 

Waktu yang ideal untuk melakukan lari di pagi hari, yakni dari pukul 05.30-07.00 WIB. Jogging pagi juga memberikan efek baik bagi mood atau suasana hati. Dengan berolahraga terlebih dahulu sebelum menjalani aktivitas, maka mood Anda dapat terjaga dengan baik. 

Biasanya meluangkan waktu untuk jogging di pagi hari juga lebih mudah. Setelah bangun tidur, Anda masih punya banyak waktu untuk berolahraga sebelum memulai aktivitas utama sehari-hari. Jadi Anda juga bisa menerapkan waktu jogging pagi dengan lebih konsisten. 

Demikianlah ulasan mengenai waktu yang tepat untuk lari atau jogging. Olahraga ringan ini dapat Anda lakukan di pagi atau sore hari, namun sebaiknya jangan menjalaninya saat malam hari. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.