Bagikan:

YOGYAKARTA - Puasa bukanlah menjadi alasan untuk kita berolahraga. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah jogging. Lantas, bagaimana penerapan jogging sebelum buka puasa yang tepat?

Umumnya, ketika berpuasa kita akan menhindari kegiatan-kegiatan yang melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat, contohnya seperti olahraga. Memang banyak sih orang yang memilih tak berolahraga ketika berpuasa. Padahal olahraga bisa dilakukan ketika berpuasa loh menurut para ahli.

Melansir dari situs Khaleej Times, menurut dr. Javaid Shah, Dokter Spesialis di Dubai, berolahraga ketika kita tengah berpuasa bisa membuat otak kita menjadi lebih baik.

Manfaat Jogging Saat Puasa

Jogging kerap didefinisikan selaku berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph). Jogging bertujuan buat melindungi badan supaya senantiasa fit. Namun tanpa disadari, nyatanya jogging pula mempunyai banyak khasiat yang lain, semacam:

  • Menolong pembakaran lemak
  • Tingkatkan ketahanan aerobik
  • Menolong pengurangan asupan energi
  • Meminimalkan masalah pencernaan

Panduan Jogging Sebelum Buka Puasa

Saat sebelum melaksanakan jogging kalian wajib senantiasa mencermati panduan jogging yang baik serta benar sehingga puasa kalian senantiasa terjaga.

1. Mengkonsumsi Karbohidrat serta Protein

Komsumsi karbohidrat serta protein saat sahur serta berbuka juga bisa membuat badan lebih sehat. Karbohidrat ialah bahan bakar utama badan. Sebaliknya protein sangat berarti buat perbaikan serta pemeliharaan otot sehabis kalian melaksanakan olahraga.

Hidangan yang memiliki karbohidrat yaitu kentang serta oatmeal, sebaliknya buat makanan yang mempunyai protein besar ialah keju, telur, yoghurt, ikan tuna, gandum serta masih banyak lagi. Dan yang penting yaitu perbanyaklah mengkonsumsi sayur serta buah.

2. Penuhi konsumsi Cairan Supaya Tidak Dehidrasi

Memenuhi asupan cairan saat sebelum melaksanakan jogging ialah hal yang sangat penting. Perihal ini pasti saja buat menghindari dehidrasi pada badan.

Saat lagi berpuasa hendaknya kalian minum air lebih banyak dari umumnya. Sangat disarankan buat meminum air paling tidak 8 sampai 12 gelas dalam satu hari saat periode berbuka sampai sahur. Kalian pula bisa meminum minuman yang menyehatkan lainnya.

Kalian pula dapat minum cairan elektrolit alami, semacam air kelapa. Air kelapa bisa mengisi kembali elektrolit tetapi rendah kalori.

Namun air elektrolit buatan itu pula bisa jadi memiliki tinggi gula. Jadi hendaknya seleksi yang alami serta mengurangi minuman elektrolit yang banyak dijual.

3. Pilih Waktu Terbaik Buat Jogging

Bila umumnya kalian melaksanakan jogging kapan saja, baik itu pagi, siang, maupun sore, pada saat puasa kalian hendaknya memikirkan waktu yang pas supaya puasamu tidak batal akibat keletihan.

Waktu terbaik yang bisa kalian jalani yaitu saat sebelum berbuka puasa. Perihal tersebut dinilai bisa membakar lemak lebih banyak dan menurunkan berat badan secara efisien.

Kalian juga tidak perlu menunggu waktu yang sangat lama buat minum serta makan. Serta ingat jangan terlalu lama buat melaksanakan olahraga, hendaknya lakukanlah selama 30-60 menit saja.

Waktu terbaik berikutnya yang bisa kalian pilih sebelum melaksanakan jogging yaitu sehabis berbuka puasa. Namun tunggu dulu sampai makananmu tercerna dengan baik ya, jangan setelah makan langsung olahraga, sebab perihal ini tidak baik buat lambung.

Tidak cuma sebelum serta sehabis berbuka saja, kalian pula bisa melaksanakan jogging sehabis sahur.

Jogging yang dilakukan sehabis sahur bisa menjaga kebugaran badan, tetapi hendaknya jangan terlalu kelewatan saat melaksanakan jogging sebab kalian wajib senantiasa menyediakan energi buat melaksanakan kegiatan yang lain sampai waktu berbuka.

4. Jangan Lupa Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Buat menghindari luka yang tidak diinginkan kalian wajib melaksanakan pemanasan terlebih dahulu ya. Kalian bisa melakukan lunges, squat, high knee, dan calf-raises.

Tidak butuh waktu yang sangat lama, yang terpenting yaitu jangan sampai kalian lupa melaksanakan pemanasan supaya otot-ototmu tidak ‘kaget’.

Selain itu ada juga tips yang harus kalian baca: “Tetap Bugar Selama Ramadhan dengan Olahraga Sebelum Berbuka Puasa”.

Jadi setelah mengetahui jogging sebelum buka puasa, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!