Tips Buka Puasa di Jalan saat Mudik Perjalanan Jauh
Ilustrasi mudik (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mudik lebaran biasanya ramai dilakukan pada satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan saat mudik, mengingat harus menempuh perjalanan jauh di bulan puasa. Salah satunya adalah buka puasa di jalan saat mudik. 

Mudik menjadi perjalanan yang menyenangkan sekaligus akan melelahkan bagi yang menempuh perjalanan jauh. Apalagi jika Anda harus menghadapi kemacetan arus mudik. Selain harus kuat menahan puasa, ada keseruan tersendiri ketika buka puasa di perjalanan mudik. 

Buka puasa saat mudik pastinya memberikan pengalaman tersendiri karena momen berbuka biasanya dilakukan di rumah. Anda harus bersiap untuk buka puasa di tengah kemacetan atau mencari tempat makan di kota lain. Lantas apa saja yang perlu disiapkan untuk buka puasa waktu perjalanan mudik?

Tips Buka Puasa di Jalan saat Mudik

Mudik jauh ke kampung halaman menjadi perjalanan yang cukup melelahkan, apalagi dilakukan sambil berpuasa. Oleh karena itu pemudik harus mempersiapkan segala hal dengan baik. Salah satunya jangan sampai aktivitas buka puasa Anda terganggu. Berikut ini sejumlah hal yang perlu disiapkan untuk buka di jalan saat mudik.

Membawa Bekal dari Rumah

Persiapan yang tak boleh luput saat mudik adalah membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Bekal ini nantinya menjadi makanan untuk buka puasa di jalan saat mudik. Tidak perlu repot-repot membawa makanan berat. Cukup membawa makanan sederhana atau praktis, seperti cemilan, roti, kurma, dan air mineral. 

Saat azan Maghrib berkumandang, Anda bisa langsung menyantap bekal tersebut untuk buka puasa. Jadi Anda tidak perlu terburu-buru mencari tempat makan saat di jalan. Membawa bekal juga menjadi solusi terbaik ketika Anda harus terjebak macet saat mudik. 

Mencari Masjid Terdekat

Tips lain yang bisa Anda lakukan saat perjalanan mudik adalah mencari masjid terdekat ketika akan tiba waktu berbuka. Menjelang azan Maghrib, Anda bisa menepi sebentar di masjid terdekat untuk berbuka puasa sekaligus menunaikan salat Magrib. 

Sekarang ini mencari lokasi masjid terdekat saat perjalanan sangatlah mudah. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk melihat dimana keberadaan masjid terdekat yang akan Anda lewati. Biasanya juga di bulan Ramadan, masjid-masjid akan menyediakan takjil gratis. Anda bisa berbuka puasa dengan takjil yang disediakan panitia masjid. 

Menepi Sebentar untuk Beli Takjil

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk buka puasa di jalan saat mudik adalah dengan mampir mencari takjil. Saat menjelang buka, Anda bisa menepi sebentar untuk membeli makanan ringan dan minuman. Di bulan Ramadan biasanya ada banyak penjual makanan yang buka lapak di pinggir jalan. Jadi Anda tidak akan kesulitan mencari santapan untuk berbuka di perjalanan mudik. 

Mampir di Rest Area

Untuk persiapan buka puasa di perjalanan mudik, Anda bisa mampir sejenak di rest area. Anda bisa menemukan rest area di jalan tol maupun di jalan umum. Saat menjelang waktu Maghrib, Anda bisa berhenti sebentar untuk berbuka puasa. Biasanya di rest area juga terdapat restoran atau tempat makan. 

Berhenti di Tempat yang Nyaman

Jika Anda nggak membawa bekal dan tidak menemui rest area, Anda bisa berhenti di tempat yang nyaman dan aman. Anda bisa berhenti di minimarket, SPBU, halaman pertokoan, maupun rumah makan untuk berbuka puasa. Pastikan Anda mencari tempat menepi yang aman agar tidak mengganggu lalu lintas jalan. 

Demikianlah beberapa tips buka puasa di jalan saat mudik. Jangan lupa untuk memperkirakan waktu perjalanan Anda agar dapat bersiap-siap ketika waktu berbuka akan tiba. Terapkan sejumlah tips di atas agar perjalanan mudik Anda saat puasa bisa berjalan lancar dan nyaman.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.