Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mudik 2024
Tips Memilih Waktu yang Tepat Untuk Mudik (Gambar Mitchell Luo-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengetahui tips memilih waktu yang tepat untuk mudik memang harus kalian miliki karena itu akan menghindari kalian dari kemacetan yang terlalu parah dan pengeluaran yang membengkak.

Mudik lebaran adalah momen tahunan yang di nanti-nanti dan juga hal yang bisa dibilang bikin was-was.

Oleh karenanya, kalian mesti menyiapkan rencana supaya perjalanan kalian lancar. Mulai dari mempersiapkan perbekalam dan bawaan yang dibawa sampai menentukan waktu yang tepat. Oleh karenanya yuk kita cari tips di bawah ini!

Tips Memilih Waktu yang Tepat Untuk Mudik

1. Pakai Refrensi Tahun Sebelumnya

Untuk merancang waku yang tepat untuk mudik, kalian sangat perlu memilih jadwal secepat mungkin. Dengan seperti itu, kalian bisa mengajukan cuti dan melengkapi kebutuhan mudik dengan segera. Jika belum mempunyai kabar terupdate untuk prediksi puncak mudik lebaran tahun ini, kalian bisa memakai rujukan dari tahun lalu.

Pasalnya, Kementerian Perhubungan menyebut kalau tahun 2024 ini puncak arus mudik bakal terjadi pada tanggal 5-8 April 2024.Maka dari itu diperkirakan puncaknya kemacetan akan terjadi pada H-5 sampai H-3 Lebaran.

Nah, waktu yang direkomendasikan untuk melaksanakan mudik di tahun 2024 ini adalah di tanggal 1-4 sekitar H-9 sampai H-6 Lebaran bila memungkinkan.

2. Ketahui Prediksi Puncak Mudik

Beberapa hari sebelum arus mudik dimulai, umumnya pemerintah serta aparat terkait bakal menginformasikan tanggal-tanggal puncak arus mudik.

Yang butuh kalian jalani yaitu menjauhi tanggal-tanggal tersebut supaya ekspedisi mudik sedikit lebih mudah.

Nah, kalian perlu up to date terhadap perkembangan beritanya, lebih-lebih mengenai informasi terpaut wilayah tujuan ataupun yang hendak kalian lewati.

Buat mempermudah masyarakat, umumnya kanal-kanal berita online ataupun elektronik bakal sediakan halaman website, hashtag, ataupun segmen spesial yang mangulas mudik.

Supaya informasimu semakin lengkap, umumnya masyarakat setempat ataupun orang yang telah mudik terlebih dahulu pula kerap memberikan informasi lewat citizen journalism di media sosial.

Pastikan buat mengumpulkan informasi yang akurat serta lengkap.

3. Waktu Keberangkatan yang Disarankan

Mangulas lebih dalam mengenai waktu mudik yang pas, Kemenhub lewat beberapa media sudah melaksanakan survei tentang waktu-waktu yang dipilih oleh pemudik.

Nyatanya, sebagian besar pemudik memanglah memilih melaksanakan perjalanan di pagi hari, yakni sekitar jam 07.00- 10.00.

Opsi kedua yaitu jam 04.00- 06.00 pagi.

Buat menjauhi perjalanan yang sangat padat, hendaknya kalian berangkat di luar jam tersebut.

Ingat, kalian pula perlu memperhitungkan waktu berbuka saat berangkat mudik. Jangan sampai kalian berada di wilayah yang aksesnya susah dengan kondisi tidak bawa bekal saat sudah mendekati waktu berbuka.

4. Pertimbangan Tipe Kendaraan yang Dipilih

Dibutuhkan strategi yang sedikit berbeda antara penggunaan kendaraan pribadi serta transportasi publik supaya kalian bisa menemukan waktu yang lebih cocok.

Untuk pengguna transportasi umum, sangat dianjurkan buat memilah waktu ekspedisi pagi ataupun menjelang siang.

Perihal ini dilakukan buat menghindari peristiwa tidak diinginkan yang kerap berlangsung, semacam kecopetan ataupun kehilangan kesadaran di waktu yang ramai serta gelap saat malam hari.

Di sisi lain, pengguna kendaraan pribadi memanglah mempunyai opsi yang lebih fleksibel. Umumnya, malam hari ataupun pagi buta merupakan waktu yang banyak dipilih sebab jalanan yang masih sepi.

Pastikan kalian sudah mempunyai tenaga serta amunisi yang cukup bila memang memilih rentang waktu tersebut, ya.

5. Mengatur Cuti Buat Mudik Lebaran

Pemerintah sudah memperpanjang cuti bersama yang dimulai dari tanggal 8 April 2024 atau H-2 lebaran.

Oleh sebab itu, waktu yang dianjurkan buat mulai mudik yaitu 1 sampai 4 April 2024.

Pekerja BUMN ataupun ASN bisa jadi tidak perlu takut soal cuti Lebaran sebab sudah mulai libur mengikuti cuti bersama yang diresmikan pemerintah.

Nah, untuk kalian yang bekerja di area swasta, sangat disarankan buat mengajukan cuti mulai tanggal 1 ataupun 4 April 2024 supaya dapat menghindari puncak mudik.

Demikian ulasan mengenai waktu mudik yang tepat. Mudah- mudahan kalian dapat berangkat mudik dengan nyaman serta mudah, ya.

Selain beberapa tips diatas, kalian perlu mengetahui “10 Tips Perjalanan Jauh Saat Puasa” Agar Perjalanan Aman dan Ibadah Lancar.

Jadi setelah mengetahui tips memilih waktu yang tepat untuk mudik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!