10 Tips Perjalanan Jauh Saat Puasa Agar Aman dan Ibadah Lancar
Ilustrasi perjalanan jauh (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bepergian jauh saat puasa membutuhkan persiapakn esktra. Pasalnya, saat Anda harus pergi jauh dalam kondisi puasa akan cenderung menghabiskan energi. Selain itu lalu lintas di bulan Puasa biasanya meningkat terlebih mendekati lebaran. Anda bisa mengikuti beberapa tips perjalanan jauh saat puasa agar tetap nyaman dan aman.

Tips Perjalanan Jauh Saat Puasa

Tips melakukan perjalanan jauh menjelang mudik lebaran ketika bulan puasa akan membantu perjalanan tetap aman, nyaman, dan lancar baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

  1. Lakukan Perencanaan Lebih Dulu

Perencanaan perjalanan sangat penting untuk meminimalisir hal-hal tak terduga sekaligus melancarkan perjalanan. Perencanaan meliputi jadwal keberangkatan, rute, barang bawaan, bekal, dan masih banyak lagi. Sangat disarankan untuk melakukan perencanaan perjalanan jauh-jauh hari, bisa satu minggu sebelum jadwal keberangkatan. Namun jika menggunakan kendaraan umum bertiket usahakan untuk pesan tiket jauh sebelum jadwal keberangkatan.

  1. Pilih Waktu Malam

Memilih waktu perjalanan malam akan sangat mengunguntungkan dilakukan terutama saat puasa. Pelaku perjalanan tak perlu membatalkan puasa karena hawa panas yang terjadi ketika siang hari. Selain itu, manajemen waktu perjalanan malam akan lebih mudah.

  1. Bawa Bekal Makan dan Minuman

Bekal makanan dan minuman dibutuhkan jika Anda tak bisa berhenti atau belum mendapatkan tempat yang nyaman saat buka puasa atau ketika sahur di perjalanan. Bekal makanan yang dibawa bisa berupa instan atau siap makan seperti roti. Bekal makanan dan minuman juga bisa membantu Anda jika sewaktu-waktu Anda harus membatalkan puasa dalam perjalanan karena suatu hal.

  1. Kemas Barang Bawaan Seringkas Mungkin

Biasanya barang bawaan yang dibawa saat perjalanan jauh cukup banyak. Anda disarankan untuk mengemas barang bawaan seringkas mungkin. Hindari menggunakan terlalu banyak tas. Anda bisa meringkas barang bawaan dengan 1 tas besar dibanding 2 tas kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari tas hilang saat luput dari pengawasan.

  1. Tentukan Tempat Istirahat

Anda disarankan untuk menentukan rest area untuk disinggahi saat perjalanan jauh khususnya saat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Dengan begitu Anda bisa mengkalkulasi waktu istirahat dengan tepat agar tak kelelahan.

  1. Pilih Kendaraan Umum

Melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi memang lebih nyaman. Namun, akan lebih aman jika Anda mengenakan kendaraan umum seperti bis, kereta, atau pesawat. Menggunakan kendaraan umum akan membantu Anda beristirahat selama perjalanan.

  1. Perhatikan Stamina dan Makanan Sampai Keberangkatan

Usahakan untuk menjaga stamina jauh sebelum tanggal keberangkatan. Anda juga disarankan untuk menjaga makanan agar kesehatan tubuh terjaga. Usahakan tubuh terhidrasi dengan baik. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat saat sahur sebelum berangkat agar kenyang lebih lama.

  1. Bawa Alat Ibadah Mini

Anda bisa membawa alat ibadah travel yang ringkas dan bisa dikeluarkan dari tas kapan saja. Perlengkapan ibadah jenis ini tak membebani barang bawaan Anda sehingga mudah dibawa dan bisa digunakan sewaktu-waktu.

  1. Unduh Aplikasi yang Bermanfaat

Beberapa aplikasi yang bisa diunduh sebelum perjalanan jauh seperti pencari arah kiblat, jadwal shalat, kompas dan sebagainya. Aplikasi ini akan memudahkan perjalanan Anda sekaligus memudahkan ibadah Anda selama perjalanan.

  1. Usahakan Jangan Pergi Sendiri

Anda tidak disarankan untuk pergi sendiri saat berencana melakukan perjalanan jauh. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, terutama jika Anda berencana pergi dengan kendaraan pribadi.

Itulah beberapa tips perjalanan jauh saat puasa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.