Tips Menyusun Anggaran Mudik Lebaran agar Kantong Tidak Bocor
Tips Menyusun Anggaran Mudik Lebaran (Gambar Towfiqu barbhuiya - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ramadhan telah tiba dan itu artinya kita juga harus memikirkan untuk mudik. Tentunya hal itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit mengingat jarak dan juga jumlah keluarga yang kita miliki. Itu artinya dibutuhkan tips menyusun anggaran mudik lebaran agar tidak bikin pusing.

Pentingnya Mengelola Keuangan Ketika Mudik

Ada beberapa pos pengeluaran yang harus direncanakan secara matang dalam merancang keuangan untuk mudik. Setiap pos membutuhkan kisaran nominal yang berbeda. Hal itu karena pengelolaan keuangan ketika mudik sangat diperlukan supaya terhindar dari beberapa risiko finansial.

Tips Menyusun Anggaran Mudik Lebaran

1. Menggunakan Aplikasi Keuangan

Tentunya di era yang serba canggih ini kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi keuangan yang bisa dipakai untuk mensupport dalam mengelola keuangan mudik. Pilihlah aplikasi yang mudah digunakan sesuai kebutuhan kalian. Kalian juga bisa memantau pengeluaran secara real-time dan detail agar keuangan mudik tetap efisien dan terhindar dari overspending.

2. Membuat Rencana Anggaran yang Komprehensif

Buatlah rencana anggaran berisi anggaran yang bakal dikeluarkan sepanjang ekspedisi mudik, mulai dari tiket transportasi, makanan serta minuman, dan anggaran yang lain. Perkirakan pengeluaran yang mungkin terjadi sepanjang di kampung halaman, contohnya berangkat ke rumah sanak saudara ataupun membeli oleh-oleh. Buat anggaran yang realistis serta sesuai keadaan keuangan Kalian.

3. Membandingkan Harga Tiket serta Akomodasi

Bila memutuskan buat memakai kendaraan umum, lakukan studi dengan membandingkan harga tiket serta akomodasi. Pilihlah penyedia layanan yang sediakan harga terbaik serta jelasnya cocok dengan anggaran Kalian. Bandingkan harga dari bermacam platform, seperti web pemesanan tiket serta akomodasi ataupun situs perbandingan. Manfaatkan diskon serta promo yang ada buat mengirit pengeluaran Kalian.

4. Mempersiapkan Dana Darurat

Pastikan dana darurat yang ada sudah lumayan sebelum berangkat biar Kalian tidak terjebak dalam resiko keuangan sepanjang perjalanan mudik.

Resiko Keuangan yang Mungkin Terjadi Bila Tidak Terencana

Keuangan mudik butuh direncanakan dengan matang buat menjauhi beberapa resiko finansial yang mungkin terjadi. Resiko keuangan yang kerap berlangsung ialah pengeluaran yang melebihi anggaran (overspending). Apabila perihal tersebut dijalankan, keuangan mudik bakal tersendat sehingga terpaksa wajib memakai dana yang telah dialokasikan tujuan lainnya hanya buat penuhi kebutuhan mudik.

Dana darurat ialah hal yang tidak boleh dibiarkan dalam perencanaan mudik. Kerap kali muncul peristiwa tidak terduga pada saat pulang kampung sehingga memerlukan pengeluaran ekstra buat memenuhinya. Keuangan mudik tidak bakal tersendat jika sudah mempunyai dana ekstra buat hal-hal yang tidak terduga.

Strategi Menghemat Pengeluaran Mudik

1. Memakai Transportasi Umum

Masing-masing moda transportasi mempunyai kelebihan serta kekurangan dari segi harga. Contohnya, memilih kereta api ataupun bis yang lebih murah daripada memakai pesawat terbang. Apa pun opsi moda transportasinya, pastikan Kalian menerapkan strategi biar pengeluaran lebih efisien.

2. Memilah Waktu yang Tepat buat Berangkat

Harga tiket transportasi umum dapat alami kenaikan sepanjang masa liburan. Jauhi waktu tersebut bila memungkinkan biar Kalian dapat mengirit pengeluaran transportasi. Contohnya, berangkat pada hari kerja ataupun sebelum dan setelah puncak musim liburan supaya memperoleh harga tiket transportasi yang lebih murah.

3. Menginap di Rumah Kerabat

Strategi ini dapat jadi alternatif yang lebih hemat daripada bermalam di penginapan. Kalian bakal merasakan kebersamaan di hari yang fitri sekalian melepas rindu bersama saudara. Sebelum berangkat ke kampung halaman, berkoordinasilah lebih dahulu dengan tuan rumah serta hormati aturan rumah selama menginap.

Untuk lebih hemat lagi kalian juga bisa membaca: “Tips Mengelola Keuangan Jelang Lebaran” agar anggaran keluar sesuai dengan perencanaan.

Jadi setelah mengetahui tips menyusun anggaran mudik lebaran, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!