Tips Beli Tiket Bus AKAP Jelang Mudik Lebaran Anti Tipu Anti Calo
Ilustrasi mudik dengan bus (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat memilih mudik lebaran menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebagai alternatif transportasi. Sayangnya, ada oknum yang memanfaatkan momen tersebut untuk tujuan yang mengarah ke penipuan tiket. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips beli tiket bus AKAP jelang mudik Lebaran.

Cara beli tiket bus AKAP yang aman sebenarnya bisa dilakukan langsung melalui agen resmi. Tips berikut ini akan membantu calon penumpang bus AKAP beli tiket dengan aman.

Tips Beli Tiket Bus Akap Jelang Mudik Lebaran

Tips aman beli tiket bus AKAP pulau Jawa maupun luar pulau Jawa mencakup beberapa hal yakni sebagai berikut.

  1. Pilih Perusahaan Otobus (PO) Terpercaya

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah memilih PO bus yang jelas sekaligus bisa dipercaya. Hindari memilih PO bus yang tidak memiliki informasi lengkap terkait profil perusahaan. Untuk mencari informasi terkait PO bus, calon penumpang bisa melakukan pengecekan di internet atau di media sosial.

  1. Hanya Beli Tiket di Pool Resmi

Calon penumpang harus beli tiket di pool resmi, baik secara offline maupun online.  Jangan beli tiket bus di pihak perorangan yang menawarkan di pinggir jalan atau lewat kanal yang kredibilitasnya diragukan. Membeli tiket yang tidak resmi rawan kena tipu.

  1. Waspada PO Baru

Calon penumpang boleh saja mudik menggunakan bus PO baru namun tetap harus tetap waspada. Cek lebih dulu latar belakangnya, kantor, serta testimoninya. Cek apakah PO baru tersebut punya mekanisme pelaporan jika penumpang merasa dirugikan.

  1. Bandingkan Harga Antar-PO

Menjelang Lebaran kadang ada pihak yang menaikkan tarif bus Akap bahkan menurunkan dengan harga yang sangat murah. Tarif tiket bus bisa jadi indikasi apakah PO penyedia transportasi bisa dipercaya atau tidak.

  1. Beli Tiket Jauh Hari

Jika memungkinkan, calon penumpang bisa membeli tiket jauh-jauh hari agar perjalanan benar-benar terencana dengan baik. Hindari membeli tiket bus mepet lebaran untuk mengantisipasi tiket habis. Selain terkait pembelian, pastikan juga titik keberangkatan. Jangan ragu untuk menghubungi pihak penyedia tiket untuk memastikan bahwa kursi yang Anda beli aman.

  1. Hindari Promo yang Tidak Jelas

Menjelang Lebaran akan banyak promo tiket bus bertebaran. Bahkan promo kadang tidak mencantumkan informasi secara jelas seperti siapa penyelenggaranya, jadwal, dan hal-hal teknis lainnya. Jika calon penumpang sudah mengecek penyelenggara promo dan mendapatkan tiket, usahakan untuk kroscek ke PO bus yang tercantum di tiket.

  1. Pastikan Kapasitas Bawaan yang Dibolehkan

Calon penumpang disarankan pula untuk menanyakan jumlah kapasitas bawaan yang dibolehkan untuk dibawa saat perjalanan. Biasanya tiap PO bus punya kebijakan terkait kapasitas bawaan. Beberapa PO bus membolehkan penumpangnya untuk membawa barang bawaan maksimal 20 kg yang bisa diletakkan di bagasi luar bus.

  1. Tanyakan Informasi Tiket di Terminal Lewat Petugas Dishub

Calon penumpang yang berencana beli tiket di terminal namun tak tahu harus ke mana, cobalah untuk bertanya kepada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang ada di terminal. Petugas Dishub biasanya mengenakan seragam biru. Mereka akan mengantarkan calon penumpang yang kebingungan menuju agen bus resmi terpercaya.

Itulah beberapa tips beli tiket bus Akap jelang mudik Lebaran. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.