Tak Hanya Melepaskan Dagaha, Inilah 7 Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa
Ilustrasi air kelapa (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Air kelapa merupakan minuman sehat pelepas dahaga yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain dapat menyeimbangkan cairan tubuh, minuman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat berbuka puasa dengan air kelapa?

Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 19 Maret 2024, berikut ini adalah manfaat berbuka puasa dengan air kelapa yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah batu ginjal

Menyadur AI-Care, minum air kelapa saat berbuka puasa dapat membantu mencegah terbentunya batu ginjal.

Perlu Anda ketahui, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kuncui untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Nah, minum air kelapa dapat memberikan sedikit kelegaan dan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa selama hamper 14 jam.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa air kelapa dapat menigkatkan pembuangan kalium, klorida, dan sitrat dalam urine, yang berarti kemungkinan terbentuknya batu ginjal cukup rendah. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaatnya terhadap batu ginjal.

2. Mencegah lonjakan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, minum air kelapa saat berbuka puasa dapat membantu mengotrol kadar glukosa dalam darah.

Manfaat berbuka puasa dengan air kelapa yang satu ini bisa didapat lantaran air kelapa mengandung gula alami tanpa pemanis buatan. Kendati demikian, Anda perlu membatasi asupannya agar tidak berlebihan.

3. Baik bagi kesehatan kulit

Air kelapa memberikan efek melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Pada studi tahun 2015, ditemukan bahwa air kelapa dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan antimikroba di dalamnya dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Mengutip Indian Express, manfaat lain dari berbuka puasa dengan air kelapa yakni dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Air kelapa mempunyai sifat mendinginkan dan menenangkan, sehingga bisa meredakan ketidaknyaman ringan pada saluran cerna.

5. Menurunkan tekanan darah

Minum air kelapa saat berbuka puasa juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan potasium yang ada di dalamnya.

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg. Angka ini jauh lebih besar ketimbang kandungan potasium yang ada di dalam pisang, yakni sekitar 420 mg.

6. Mengurangi stres oksidatif

Air kelapa merupakan minuman yang kaya akan antioksidan. Mengonsumsi minuman ini saat berbuka dapat membntu mengurangi stres oksidatif dan kerusakan sel.

Selain itu, sifat hidrasinya yang sangat baik menjadikan air kelapa sebagai agen hidrasi yang efektif bagi tubuh.

7. Mengembalikan cairan elektrolit tubuh

Air kelapa mengandung elektrolit, yakni mineral beermuatan ion yang terdapat dalam sel, jaringan dan cairan tubuh. Elektrolit dapat mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga keseimbangan kadar cairan tubuh.

Saat tubuh kehilangan elektrolit akibat aktivitas fisik seperti olahraga, berpuasa atau kondisi tertentu (diare, muntah, dan dehidrasi), minum air kelapa bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang dan memulihkan keseimbangan cairan tubuh.

Itulah mengapa air kelapa sangat direkomendasikan untuk diminum setelah sesi latihan atau setelah berpuasa. Selain itu, karena tanpa tambahan gula, air kelapa lebih baik ketimbang minuman berenergi lainnya dalam hal mengembalikan keseimbangan mineral tubuh setelah banyak berkeringat dan dehidrasi.

Demikian informasi tentang manfaat berbuka puasa dengan air kelapa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.