Tiga Buah Kurma Jadi Makanan Wajib Anies untuk Berbuka Puasa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga (Instagram aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku punya makanan wajib untuk menu berbuka puasa. Makanan yang selalu disantap tiap berbuka adalah tiga buah kurma.

"Saya kalau buka puasa sunahnya aja, saya selalu batalin pakai kurma tiga biji," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 28 April.

Buah yang memiliki rasa manis ini memang dianjurkan bagi umat Islam untuk berbuka puasa. Sebab, kurma dapat menaikkan kadar gula dalam tubuh yang turun selama berpuasa. 

Namun, tak perlu dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sebab, 10 butir jurma mengandug 282 kalori dan 75 gram karbohindrat.

Setelah menyantap kurma, Anies melanjutkan makan dengan menu yang telah disediakan di rumahnya. Tak lupa, air kelapa muda menjadi minuman rutin baginya. "Kalau malam, air kelapa muda," lanjut Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga (Instagram aniesbaswedan)

Anies mengimbau masyarakat muslim berbuka puasa di rumah dan meminimalisasi buka bersama (bukber) di tempat umum. Sebab, hal ini dapat meminimalisasi penularan COVID-19.

"Kalau pun mau ibadah di masjid, jangan bukber, tapi salatnya saja, tadarus, qiyamul lail, tapi bukber sebisa mungkin di rumah bersama keluarga," ungkap Anies.

Tak hanya Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga memiliki menu andalan dalam berbuka puasa. "Kurma dan teh manis, dua itu (menu) wajib saya (ketika berbuka puasa)," tutur Riza.