10 Tips Aman Mudik Versi Polri, Nomor 4 Wajib Diperhatikan
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polri membagikan 10 tips mudik Lebaran 2022 yang aman dan sehat bagi masyarakat. Mulai dari keamanan rumah saat ditinggalkan hingga penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, tips pertama yang mesti dilakukan masyarakat yakni memastikan rumah yang ditinggalkan saat mudik aman. Caranya dengan mengunci rapat semua pintu dan jendela.

Kemudian, masyarakat bisa menitipkan atau memberitahu ke tetangga atau pengurus warga sekitar yang tidak mudik.

"Tiga, dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didatakan. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi harus dicek semua demi keselamatan di jalan," ujar Dedi kepada wartawan, Sabtu, 23 April.

Tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

Cara ini dilakukan untuk mencegah menjadi korban atau target kejahatan. Sebab, banyak oknum yang memanfaatkan momen lebaran untuk mencari keuntungan dengan cara melanggar aturan.

Tips keenam yakni memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap COVID-19 saat mudik. Masyarakat diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster.

"Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada. Bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik. Terakhir, tetap disipilin prokes dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," kata Dedi.

Sebagai informasi, Polri mengerahkan 144.392 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Seluruh personel tersebut akan mengisi 2.702 posko yang terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 734  pos pelayanan, dan 258 pos terpadu

Terkait