Catat! Ini Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Mudik Naik Motor
ILUSTRASI/DOK FOTO: Freepik

Bagikan:

JAKARTA - Kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada momen Lebaran, termasuk menggunakan sepeda motor.

Bagi Anda yang terpaksa menggunakan motor untuk mudik lebaran, meski direkomendasikan menggunakan transportasi umum ada beberapa perlengkapan penting yang wajib dibawa. Lantas apa saja?

"Hal pertama yang harus diperhatikan itu Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan identitas diri," kata Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati Agus Sani, saat dihubungi VOI, Sabtu, 6 April.

Selain hal di atas, pria yang akrab disapa Agus ini mengatakan perlengkapan lainya yaitu riding gear, tujuannya agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman. Serta membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan darurat.

"Riding gear yang wajib itu seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang hingga sepatu itu wajib ya, obat juga perlu kalau memang ada yang wajib dibawa," imbuh dia.

Agus menyarankan agar pemudik tidak membawa barang berlebihan dan peralatan yang memang dibutuhkan saja, termasuk kunci motor cadangan hingga jas hujan.

"Jas hujan juga menjadi salah satu peralatan yang harus dibawa, dan tidak lupa kunci cadangan itu penting juga," kata dia.

Jadi, pastikan untuk mempersiapkan beberapa perlengkapan di atas agar perjalanan mudik tetap nyaman dan aman.