Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Dibawa
Ilustrasi pendaki gunung wanita (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aktivitas pendakian bisa dilakukan oleh wanita dengan catatan menggunakan perlengkapan yang sesuai kebutuhan. Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita juga beragam dan punya fungsi masing-masing.

Membawa perlengkapan pendakian yang tepat berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan. Oleh karena itu kaum perempuan sangat disarankan untuk memperhatikan hal ini.

Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Harus diketahui bahwa jenis perlengkapan pendakian wanita tak berbeda jauh dengan perlengkapan pria. Namun ada sejumlah peralatan yang dianjurkan dibawa oleh pendaki wanita terutama pemula. Berikut daftar perlengkapan mendaki untuk wanita.

  1. Sepatu Gunung

Pendaki wanita tidak disarankan memakai sandal biasa saat mendaki gunung. Usahakan untuk mengenakan sepatu hiking. Selain faktor keamanan, sepatu hiking juga nyaman digunakan untuk naik gunung. Manfaat sepatu hiking adalah agar kaki tidak luka atau terkilir saat melakukan kegiatan pendakian. Selain itu sepatu hiking membantu kaki tetap hangat saat di gunung.

  1. Matras Karet dan Sliping Bag

Pendaki wanita harus membawa matras karet dan sliping bag. Keduanya digunakan saat pendaki tidur di dalam tenda. Matras cacing digunakan sebagai alas tidur agar tidak langsung bersentuhan dengan kerikil atau benda tajam lain, dan sliping bag digunakan agar badan tetap hangat.

  1. Tas Carrier

Bagi pendaki wanita, disarankan untuk membawa tas carrier gunung. Banyak ukuran yang tersedia, namun disarankan untuk memilih tas ukuran 30 hingga 50 liter saja untuk menghindari beban berat yang berlebih, dengan begitu cidera punggung saat pendakian bisa diminimalisir. Namun kebutuhan tas juga disesuaikan dengan kebutuhan barang bawaan.

  1. Jas Hujan Plastik

Pendaki diharuskan membawa jas hujan saat mendaki gunung. Usahakan untuk memilih jas huijan dengan bahan yang ringan. Tidak disarankan membawa jas hujan sepeda motor karena bahannya berat berpotensi membebani tas. Pendaki wanita bisa membawa jas hujan yang terbuat dari plastik tipis sehingga lebih ringan untuk dibawa.

  1. Jaket Gunung

Jaket gunung berbeda dengan jaket pada umumnya. Biasanya jaket gunung volumenya lebih tebal namun bahannya ringan. Pendaki wanita disarankan untuk membawa jaket gunung.

  1. Sajadah dan Rukuh Travel

Perlengkapan ini bersifat opsional karena hanya dibawa oleh wanita muslim. Pendaki wanita bisa membawa sajadah dan rukuh travel karena bahannya ringan dan praktis karena bisa dilipat sekecil mungkin sehingga tak membebani tas.

  1. Sunblock

Banyak wanita memiliki kulit sensitif pada matahari sehingga disarankan membawa sunblock. Bawa sunblock sesuai kebutuhan. Sunblock akan membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

  1. Tisu dan

Pendaki wanita disarankan membawa tisu untuk keperluan buang air kecil maupun besar. Tisu yang dibawa adalah tisu kering dan basah.

  1. Pembalut

Pendaki wanita bisa membawa pembalut secukupnya saat mendaki gunung. Namun harus diingat sampah pembalut tidak boleh dibuang sembarangan di gunung. Disarankan untuk membawa turun lagi pembalut yang sudah terpakai agar tidak mengotori gunung.

  1. Trekking Pole

Trekking pole adalah tongkat yang membantu menopang tubuh dan menjadi pegangan tangan saat kaki memijak tanah di gunung. Trekking pole berguna untuk pendaki wanita pemula untuk menjaga keseimbangan tubuh sehingga tidak mudah jatuh atau terpeleset.

  1. Pelembab Bibir

Pelembab bibir bermanfaat untuk menjaga bibir tidak kering saat pendakian. Sebagian wanita memiliki kulit bibir yang tipis dan sensitif sehingga disarankan membawa pelembab bibir.

Itulah beberapa perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa. Kunjungi VOI.ID untuk informasi lainnya.