Bagikan:

YOGYAKARTA – Perlengkapan haji wanita perlu dipersiapkan dengan baik, karena hal ini dapat membantu menjalankan ibadah dengan khusyuk dan nyaman.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan ibadah haji membutuhkan masa operasional yang cukup lama. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 30 hari dari masa keberangkatan hingga kepulangan Jemaah.

Oleh sebab itu, seseorang perlu membuat persiapan yang matang sebelum berangkat haji. Selain mempersiapkan fisik dan mental, perlengkapan haji perlu Anda siapkan agar ibadah berjalan dengan lancar.

Perlengkapan Haji Wanita

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 6 Mei 2024, berikut ini adalah daftar perlengkapan haji wanita yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

1. Dokumen

Ketika berpergian ke luar negeri, termasuk menjalankan ibadah haji, tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah dokumen-dokumen penting. Beberapa dokumen yang perlu dibawa, antara lain:

  • Paspor dan visa beserta salinannya.
  • Foto sebagai identitas.
  • Daftar Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH).
  • Kartu Kesehatan Jemaah Haaji (KKJH).
  • Dikumen bukti istitha’ah.
  • Bukti vaaksin, termasuk vaksin meningitis, influenza, dan COVID-19.
  • Bukti hasil pemeriksaan wanita usia subur (WUS).
  • Salinan preskripsi obat (jika dalam pengobatan tertentu).
  • Asuransi kesehatan.
  • Membawa identitas teman atau keluarga yang dapat dihubungi.
  • Buku manasik haji dan doa.

2. Pakaian

Pakaian atau busana yang dibawa sebaiknya disesuaikan dengan musim yang ada di Arab Saudi.

Beberapa jenis pakaian yang perlu disiapkan wanita sebelum berangkat ke Tanah Suci, yakni:

  • Pakaian ihram
  • Baju salat atau mukena
  • Pakaian sehari-hari

Selain itu, Anda juga dapat membawa perlengkapa pakaian lainnya, seperti kaus kaki, pakaian dalam, jaket, atau sweter, handuk, sapu tangan, sajadah, masker, dan lain sebagainya.

3. Perlengkapan mandi

Perlengkapan lain yang tidak boleh ketinggalan adalah peralatan mandi. Hal ini perlu karena ada kemungkinan perlengkapan mandi yang disediakan pihak penyelenggara haji di Makkah, tidak cocok dengan kulit Anda.

Adapun perlengkapan mandi yang perlu dibawa, yakni sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, handuk, shampoo, gunting kuku, pisau cukur, sisir, dan deodoran.

4. Perlengkapan obat dan firs aid kit

obat-obatan yang perlu dibawa adalah obat yang rutin Anda konsumsi (misalnya obat darah tinggi, diabetes, dan lain-lain). Selain itu, bawa juga obat pereda nyeri ringan seperti paracetamol, obat diare, obat anti alergi, obat batuk dan flu, dan suplemen vitamin C.

Tak hanya itu, Anda juga perlu membawa first aid kid seperti plester luka, hand sanitizer, pembersih luka, antiseptic, kan kasa, peniti dan gunting, cotton bud, dan thermometer.

5. Tas jinjing

Tas jinjing termasuk perlengkapan haji wanita yang sangat penting. Tas jinjing bisa digunakan untuk menyimpan berbaga barang bawaan wanit selama di Tanah Suci Makkah.

Beberapa perlengkapan yang bisa dimasukkan dalam tas jinjing, yakni dokume penting, uang, obat-obatan, dan perlengkapan mandi.     

6. Perlengkapan makan dan persiapan konsumsi

Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman tambahan secukupnya. Untuk makanan, yang bisa Anda bawa ke Tanah Suci, yakni abon, mi instan, beras, gula, garam, susu,kecap, biskuit, dan lain sebagainya.

Sementara perlengkapan makanan yang perlu dibawa seperti sendok, garpu, tisu, botol miuman kecil yang bisa dibawa kemana-mana, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang perlengkapan haji wanita. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.