Bagikan:

YOGYAKARTA – Pendaki berpengalaman tidak akan memilih jaket hiking untuk kegiatan olahraga mendaki gunung secara sembarangan. Pasalnya, fungsi jaket tidak hanya terbatas untuk melindungi suhu dingin namun punya manfaat lain. Atas alasan itulah mengikuti tips memilih jaket untuk naik gunung perlu diketahui.

Tips memilih jaket hiking tidak terbatas pada faktor kenyamanan, namun pada keselamatan. Penentuan pakaian jaket harus meperhatikan banyak hal seperti bentuk tubuh, medan, dan sebagainya.

Tips Memilih Jaket untuk Naik Gunung

Pemilihan jaket gunung yang salah akan membuat kegiatan pendakian jadi kurang nyaman. Dikhawatirkan pendaki harus mengalami risiko berbahaya lainnya. Berikut ini tips beli jaket gunung untuk Anda.

  1. Naikkan Ukuran Jaket Satu Tingkat di Atasnya

Pemilihan ukuran jaket sangat penting untuk diperhatikan. Disarankan untuk memilih ukuran jaket satu tingkat di atas dari ukuran biasa. Misalnya, ukuran jaket Anda adalah L, disarankan untuk membeli jaket gunung ukuran XL.

Pemilihan tersebut dilakukan agar jaket tidak terlalu sesak sehingga membatasi ruang gerak saat pendakian. Jangan memilih jaket terlalu besar, terlalu kecil, bahkan press bodi karena akan menyulitkan gerakan.

  1. Pilih Jaket Sesuai Gender

Beberapa brand outdoor memberikan spesifikasi khusus jaket yang didasarkan pada gender. Hal ini dilakukan untuk tujuan kenyamanan si pemakai mengingat bentuk tubuh dan ukuran badan pria dan wanita berbeda. Selain itu pemilihan jaket berdasarkan gender dilakukan untuk alasan fashion. Karena alasan itulah jaket jadi salah satu perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang penting.

  1. Cek Semua Bagian Berfungsi dengan Baik

Saat membeli jaket gunung, coba cek bagian-bagiannya seperti resleting, hoodie, jahitan, reflektor, kantong, dan sebagainya. Pastikan bagian-bagian tersebut benar-benar rapi dan berfungsi sesuai peruntukannya. Hindari jaket gunung yang mallfungsi karena bagian-bagian tersebut ada bukan tanpa sebab.

  1. Pilih Jaket Windproof

Untuk mengantisipasi angin kencang di gunung, pilihlah jaket windproof. Jaket jenis windproof membantu melindungi tubuh dari angin selama berada di gunung. Selain itu disarankan untuk memilih jaket windproof yang sedikit tebal. Hal tersebut dibutuhkan agar saat muncul angin besar, jaket tidak langsung menempel di kulit.

  1. Pilih Jaket Waterproof

Jaket waterproof adalah yang memiliki ketahanan terhadap air atau sumber kelembapan lain seperti embun. Jaket ini akan memberikan perlindungan ekstra pada tubuh saat hujan atau saat cuaca berembun.

Hindari jaket yang bahannya mudah menyerap kelembapan karena akan menambah risiko si pemakai kedinginan hingga terkena hipotermia.

  1. Pilih Pelapis Polar di Bagian Dalam

Pilihlah jaket gunung dengan lapisan polar di bagian dalam. Bahan tersebut punya karakter halus, lembut, menyerap keringat sehingga tak panas, serta mampu menjaga suhu tubuh. Hindari polar yang tipis karena rawan basah karena keringat dan tak mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat.

  1. Pilih Warna Terang dengan Reflektor

Pemilihan warna juga sangat penting saat memilih jaket gunung. Pemilihan warna terang dengan relfektor membantu pendaki lain mendeteksi keberadaan Anda. Tidak disarankan untuk memilih jaket warna hitam atau gelap karena akan sulit ditemukan oleh pendaki lain.

  1. Pilih Jaket dengan Perekat di Tangan dan Pinggang

Perekat ini membantu mengencangkan jaket di area tangan dan pinggang sehingga saat terjadi cuaca buruk, angin tidak mudah masuk lewat kolong tangan dan badan tetap hangat. Jika tidak ada perekat, setidaknya pilih pengetat tali.

  1. Pilih Jaket dengan pelindung Leher hingga Kepala

Hindari memilih jaket gunung yang tak memiliki pelindung di bagian leher dan kepala. Fitur ini sangat penting untuk dimiliki agar tubuh tetap hangat dan tak terkena gesekan tanaman duri atau benda kasar lain.

Perlu diketahui pula bahwa jaket jadi salah satu peralatan hiking yang wajib dibawa khususnya oleh pemula.

Itulah beberapa tips memilih jaket untuk naik gunung. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.