10 Peralatan Hiking yang Wajib Dibawa oleh Pemula
Ilustrasi hiking (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemula harus tahu peralatan hiking yang wajib dibawa untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Pasalnya, persiapan yang kurang serta alat yang tak memadai memperbesar risiko pendaki mengalami kesulitan di tengah pendakian.

Peralatan Hiking yang Wajib Dibawa Pemula

Saat ini ada banyak peralatan hiking yang tersedia di pasaran. Selain bisa membeli, pemula bisa menyewa alat hiking dengan biaya sewa terjangkau. Lalu apa saja alat yang harus dibawa saat hiking?

  1. Pakaian Hangat

Pakaian hangat wajib dibawa saat hiking untuk menjaga tubuh tidak kedinginan. Pendaki yang mengalami kedinginan berpotensi mengalami hipotermia yang bahkan bisa membawa ke kematian. Jenis pakaian hangat yang harus dibawa seperti jaket, kaos lengan panjang, kaos tangan dan kaos kaki, dan sebagainya.

  1. Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantung tidur dipakai agar saat tidur pendaki tidak mengalami kedinginan. Pasalnya suhu gunung saat malam hari akan terasa jauh lebih dingin dibandingkan pagi atau siang hari. Usahakan memilih sleeping bag yang ringan namun hangat saat dikenakan.

  1. Matras

Matras berfungsi sebagai alas tidur terutama saat di dalam tenda. Matras tidak hanya melindungi tubuh dari hawa dingin namun juga menghindari benda tajam seperti batu atau tunggak kayu. Anda cukup membawa matras yang dengan ukuran sesuai tubuh.

  1. Tas Gunung

Usahakan untuk menggunakan tas gunung saat melakukan pendakian. Tas gunung sendiri dirancang agar pendaki bisa memuat banyak barang hanya dalam satu tempat. Usahakan memilih tas gunung dengan kapasitas sesuai barang bawaan.

  1. Sepatu Gunung

Disarankan untuk tak menggunakan sandal jepit atau sepatu biasa. Kenakan sepatu gunung saat melakukan hiking. Sepatu gunung berfungsi untuk menjaga kaki tetap hangat, menjaga kaki agar tak mudah terkilir, dan melindungi kaki dari benda tajam selama kegiatan hiking dilakukan.

  1. Tenda Gunung

Anda bisa menyewa tenda gunung di tempat persewaan. Jangan membawa tenda lain yang bobotnya berat. Tenda gunung sendiri memang dirancang ringan serta mudah dibawa. Selain itu tenda gunung juga memiliki ketahanan terhadap angin dan air.

  1. Alat Masak Portabel

Saat melakukan kegiatan hiking, bawalah alat masak portabel yang mudah dibawa. Alat masak yang dibawa mencaku kompor dan gas, nesting, dan sendok. Tidak disarankan membawa alat masak yang berat karena akan membebani tubuh saat kegiatan hiking dilakukan.

  1. Jas Hujan Plastik

Persiapkan jas hujan plastik yang bobotnya ringan agar tubuh dan barang bawaan tak basah jika sewaktu-waktu cuaca di atas gunung hujan. Tidak disarankan membawa jas hujan dengan bahan tebal karena akan membebani tubuh saat dibawa.

  1. Headlamp

Headlamp berfungsi sebagai sumber cahaya saat Anda berjalan di tengah kegelapan. Penggunaan headlamp lebih praktis dibanding senter karena mengikuti gerak kepala sehingga menambah visibilitas selama perjalanan.

  1. Bekal Makanan dan minuman

Meski tidak termasuk alat, bekal makanan wajib dibawa sebagai perbekalan selama hiking. Anda bisa membawa perbekalan seperti roti, air minum, mi instan, dan sebagainya. Bawalah perbekalan sesuai kebutuhan saja.

Itulah informasi terkait peralatan hiking yang wajib dibawa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.