Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengompres wajah dengan es batu memang dapat mengecilkan pori-pori dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa terdapat efek samping mengompres wajah dengan es batu?

Masalah kesehatan yang berpotensi muncul akibat mengompres wajah dengan es batu sangat beragam, mulai dari sakit kepala hingga membuat kulit jadi terlalu sensitif.

Artikel ini akan membahas efek samping mengompres wajah dengan es batu. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 29 Juni 2024, berikut informasi selengkapnya.

Efek Samping Mengompres Wajah dengan Es Batu

1. Sakit kepala

Efek samping mengompres wajah dengan es batu yang pertama adalah menimbulkan sakit kepala.

Efek samping ini bisa muncul karena ada tekanan yang terlalu besar pada lapisan kulit wajah. Tekanan tersebut dapat menimbulka respons negative dari kepala dengan munculnya rasa sakit kepala secara tiba-tiba.

2. Merusak lapisan kulit

Terlalu lama mengompres wajah dengan es batu dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan radang dingin. Terlebih jika meletakkan es langsung setelah terpapar sinar matahari, menyadur Medical News Today.

Gejala radang dingin yang berpotensi muncul seperti mati rasa atau sensasi kesemutan, hingga bagian kulit yang tampak pucat.

Tak hanya itu, menggosokkan es terlalu kencang juga bisa membuat kulit mengalami eksfoliasi atau penepisan lapisan kulit.

3. Peradangan di kulit

Efek samping mengompres wajah dengan es batu yang berikutnya adalah peradangan di kulit. Efek samping ini perlu diwaspadai karena sangat berbahaya, karena menyebabkan pembengkakan.

Selain itu, lapisan kulit yang beku akibat paparan suhu dingin dapat meningkatkan risiko peradangan serius.

4. Kapiler bawah wajah pecah

Paparan suhu dingin dari es batu juga bisa membuat kapiler bawah wajah pecah. Hal ini dapat terjadi bila Anda mengompres wajah dengan es batu dalam durasi yang lama.

Efek samping ini disebabkan oleh perubahan suhu yang terlalu ekstrem pada lapisan kulit sehingga kulit menunjukkan reaksi berlebih. Oleh sebab itu, hindari mengompres wajah dengan es batu dalam waktu yang lama.

5. Memunculkan jerawat di permukaan wajah

Mengompres wajah dengan es batu tanpa dilapisi kain waslap atau ice pack dapat memicu jerawat di kulit wajah.

Risiko munculnya jerawat dapat meningkat akibat bakteri yang terdapat di dalam es batu. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan air yang digunakan untuk membuat es batu. Jangan sampai menggunakan air yang kotor dan tidak steril.

6. Kulit wajah semakin kering

Pemilik kulit kering tidak disarankan mengaplikasikan es batu pada kulit wajah. Alih-alih melembabkan, es batu akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Hal ini karena es batu tidak memiliki kandungan yang bersifat melembabpkan. Selain itu, es batu hanya memiliki kadar air yang dapat melembapkan kulit untuk sementara.

7. Kulit jadi lebih sensitif

Efek samping mengompres wajah dengan es batu yang terakhir adalah membuat kulit jadi lebih sensitif. Kulit sensitif ditandai dengan kulit kemerahan, kering, gatal, dan mengelupas.

Kulit yang terlalu sensitif juga akan membuat kulit lebih mudah bereaksi terhadap produk perawatan kulit yang Anda gunakan.

Demikian informasi tentang efek samping mengompres wajah dengan es batu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.