Bagikan:

YOGYAKARTA – Efek samping setelah laser wajah untuk kecantikan perlu dipertimbangkan jika Anda berencana melakukan laser treatment dalam waktu dekat.

Pada dasarnya, laser treatment di area wajah memang memiliki beberapa manfaat, misalnya merangsang produksi kolagen hingga mengangkat sel kulit mati. Laser wajah dilakukan dengan sinar cahaya terfokus dengan intensitas yang tinggi. Lalu apa dampak laser wajah setelah selesai?

Efek Samping Setelah Laser Wajah

Laser wajah memang diakui mampu meningkatkan penampilan wajah termasuk memperhalus kulit. Namun efek samping laser wajah perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa efek samping laser wajah adalah sebagai berikut.

  1. Kulit Memerah

Efek samping ini tidak bisa dihindari, kulit akan berubah kemerahan. Bahkan terkadang kulit akan terasa gatal hingga muncul sensasi rasa terbakar. Akan tetapi efek samping ini biasanya hanya terjadi beberapa hari. Dokter akan memberikan jalan keluar atas efek samping ini misal dengan memberikan obat salep.

  1. Pembengkakan di Area Wajah

Pembengkakan terjadi karena efek peradangan. Tampilan wajah tidak langsung mulus seperti yang diinginkan. Namun pembengkakan karena laser wajah bisa diatasi dengan kompres air dingin atau mengoleskannya dengan krim kortikosteroid.

  1. Kulit Jadi Kering Mudah Mengelupas

Laser pada wajah akan memicu kulit jadi kering bahkan mengelupas. Kondisi tersebut biasa terjadi 5 4 hingga 7 hari setelah penyinaran.

  1. Infeksi

Wajah juga bisa terkena infeksi bakteri, jamur, bahkan virus. Misalnya, seseorang yang mengalami herpes simpleks bisa terkena lagi setelah menjalani laser wajah. Agar tak terjadi infeksi, disarankan untuk meminta salep atau obat antivirus agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

  1. Kulit Bisa Menggelap Atau Berubah Terang

Kondisi ini terjadi karena perubahan warna kulit, bisa semakin gelap (hiperpigmentasi) atau justru lebih terang (hipopigmentasi). Akan tetapi perubahan warna kulit terjadi seringkali pada orang kulit gelap. Tak perlu khawatir karena perubahan ini bisa dicegah dengan menggunakan berbagai metode yang direkomendasikan dokter.

  1. Bekas Luka

Di area wajah bisa muncul bekas luka karena laser. Jaringan parut ini bisa berupa benjolan atau bopeng. Perlu diketahui bahwa efek samping ini biasa terjadi pada treatment laser ablatif yang mengangkat permukaan kulit. Lakukan perawatan kulit secara serius untuk menghilangkan jaringan parut.

  1. Benjolan Kecil Warna Putih

Biasanya di wajah juga akan muncul benjolan kecil warna putih menyerupai jerawat. Benjolan ini muncul karena penggunaan krim penenang kulit yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan iritasi terlalu tebal. Krim ini seharunya dioleskan tipis saja.

  1. Reaksi Alergi

Kemungkinan alergi juga bisa terjadi pada orang yang melakukan laser wajah. Alergi sendiri bisa berupa muncul ruam merah di wajah.

Itulah informasi terkait efek samping setelah laser wajah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.