4 Bahaya Make Up saat Olahraga, Mending Tampil Cantik Alami
Bahaya make up saat olahraga (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak wanita suka memakai make up saat akan berolahraga. Kebiasaan ini dilakukan oleh kaum hawa agar mereka bisa tampil cantik ketika berolahraga, baik outdoor maupun di dalam ruangan. Namun tahukah Anda ada sejumlah bahaya make up saat olahraga?

Tidak sedikit wanita yang kurang pede ketika berolahraga dengan wajah polos atau tanpa make up. Mereka terkadang khawatir wajahnya tampak kusam atau lusuh, terlebih jika sudah bercucuran keringat saat berolahraga. Itulah mengapa banyak wanita yang punya kebiasaan pakai make up saat akan olahraga, misalnya ke tempat gym, tenis, atau joging. 

Padahal sebenarnya tidak disarankan berolahraga dengan wajah berpoles make up. Apalagi jika pemakaian make up berlebihan, seperti mengenakan bedak, foundation, concealer, dan sebagainya. Jika Anda salah satunya, pahami bahaya make up saat olahraga yang jarang disadari. 

Bahaya Make Up saat Olahraga

Saat ini semakin banyak wanita gemar melakukan olahraga semenjak banyak seleb dan influencer yang mengunggah aktivitas olahraganya. Tak hanya meniru kebiasaan olahraga, namun orang-orang juga ikut-ikut gaya outfit dan pemakaian make up. 

Meski mengenakan make up atau riasan saat olahraga bisa membuat wajah terlihat cantik, namun dibalik itu ada efek samping yang mengintai. Berikut ini beberapa bahaya make up saat olahraga yang perlu Anda tahu:

Bisa Menimbulkan Komedo dan Jerawat

Kosmetik seperti bedak dan foundation tidak disarankan dikenakan saat berolahraga. Lapisan dari make up wajah akan bercampur keringat yang keluar ketika menjalani olahraga. Kondisi ini akan menimbulkan sumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh bakteri atau polutan yang terdapat di permukaan kulit. 

Tersumbatnya pori-pori tersebut membuat kulit tidak bisa bernapas dan berpotensi mengalami iritasi serta kemerahan. Apabila pori-pori kulit tersebut maka dapat memicu munculnya jerawat atau komedo. Itulah mengapa sebaiknya Anda tidak memakai make up saat akan olahraga.

Kulit Memerah dan Mudah Iritasi

Efek samping lainnya yang bisa muncul dari pemakaian make up saat olahraga adalah kulit mudah iritasi dan memerah. Saat Anda berolahraga atau aktif bergerak maka suhu tubuh akan meningkat. Tubuh akan bekerja untuk mengeluarkan panas lewat keringat yang muncul dari pori-pori. 

Ketika pori-pori kulit tersumbat akibat make up, tubuh menjadi tidak bisa melepaskan panas dengan lancar. Kondisi tersebut bisa membuat kulit menjadi kemerahan hingga mengalami iritasi. Jadi memang lebih baik olahraga tanpa make up sehingga aliran keringat dan pernapasan pori-pori di kulit bisa berjalan dengan baik. 

Menyebabkan Milia

Bahaya lain dari memakai make up saat olahraga adalah bisa menimbulkan milia. Lapisan make up yang menumpuk di wajah dapat membuat keratin terperangkap di permukaan kulit. Jika kondisi tersebut terjadi di area dekat mata, hidung, dan pipi maka berpotensi timbulnya milia. 

Milia adalah benjolan putih kecil berwarna putih yang biasanya muncul di sekitar mata, hidung, dan pipi. Munculnya milia ini tentunya dapat mengganggu penampilan Anda dan membuat tidak pede. Itulah mengapa disarankan untuk berolahraga dengan kulit alami atau tanpa make up. 

Memicu Reaksi Alergi

Pemakaian make up saat olahraga juga berpotensi memicu reaksi alergi. Produk kosmetik biasanya mengandung zat pewangi atau pewarna. Kandungan pada make up tersebut akan bercampur dengan bakteri dan keringat saat berolahraga. 

Bercampurnya kandungan make up dan keringat tersebut bisa saja akan memicu reaksi alergi. Demi kesehatan kulit Anda, sebaiknya tidak memakai make up saat olahraga. Kalaupun memang tidak bisa tanpa make up, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai riasan. 

Demikianlah beberapa bahaya make up saat olahraga yang perlu dipahami oleh para wanita. Pemakaian make up sebenarnya juga tidak akan tahan lama ketika olahraga, sebab akan terkena oleh basahan keringat. Lebih baik Anda memakai tabir surya ketika berolahraga di tempat outdoor. Baca juga persiapan lari maraton untuk perempuan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.