Bagikan:

YOGYAKARTA – Micellar water merupakan produk perawatan kulit yang kerap digunakan untuk membersihkan wajah. Formulanya yang ringan dan kemampuan untuk mengangkat makeup di wajah membuatnya difavoritkan banyak perempuan. Lantas, adakah efek samping micellar water? Apa tanda-tanda micellar water tidak cocok untuk kulit wajah? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Adakah Efek Samping Micellar Water?

Penggunaan micellar water untuk menghapus kotoran, debu, dan riasan yang menempel pada wajah mungkin bisa memunculkan efek samping pada kulit.

Perlu diketahui, micellar water adalah produk perawatan kulit yang terdiri dari air yang dimurnikan, humektan (zat kimia pelembap) seperti gliserol, dan zat surfaktan ringan.

Menyadur AI-Care, kunci utama micellar water ada pada kandungan surfaktan di dalamnya. Molekul surfaktan mempunyai dua ujung yang berfungsi menarik air dan menarik minyak. Artinya, surfaktan dapat menyatukan air dan minyak yang biasanya tidak dapat bercampur. Inilah yang menjadikan surfaktan sebagai bahan umum dalam pembersih dan sabun.

Ujung setiap molekul yang menarik air menghadap ke luar, sedangkan ujung yang menarik minyak menghadap ke dalam. Hal ini memungkinkan molekul surfaktan yang mengapung dalam cairan untuk menarik serta mengikat minyak yang berkontak dengannya. Dengan cara ini, molekul surfaktan dapat menarik riasan dan sebum lalu mengangkatnya dari kulit.

Masalahnya, surfaktan yang tertinggal di atas permukaan kulit bisa menumpuk dan berpotensi menyebabkan iritasi atau reaksi alergi, dikutip dari Healthline.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan micellar water antara lain:

  • Kemerahan atau peradangan
  • Kekeringan
  • Gatal-gatal atau ruam

Untuk menghindari efek samping micellar water, Anda disarankan untuk membilas wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini untuk membersihkan makeup atau kotoran yang menempel di kulit wajah.

Apa Tanda-Tanda tidak Cocok Memakai Micellar Water?

Efek samping di atas dapat muncul karena ada kesalahan ketika menggunakan micellar water.

Bila cara yang Anda lakukan sudah benar namun kulit tetap bermasalah, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh penggunaan micellar water yang tidak cocok.

Berikut ini adalah tanda-tanda micellar water tidak cocok untuk kulit Anda:

  • Breakout pada wajah: ketika micellar water yang digunakan untuk membersihkan wajah tidak cocok, efek yang ditimbulkan adalah muncul jerawat di beberapa area secara tiba-tiba atau yang umum disebut breakout. Umumnya jerawat yang muncul berukuran kecil-kecil seperti bruntusan di area tertentu pada wajah.
  • Kulit terasa kering hingga mengelupas: dalam kondisi tertentu, penggunaan micellar water yang tidak cocok bisa menyebabkan kulit kering bahkan sampai mengelupas. Faktor utama yang membuat kulit terasa kering adalah kandungan bahan yang ada di dalam micellar water. Artinya, bukan micellar water yang membuat Anda alergi, melainkan kandungan atau bahan aktif yang ada di dalamnya.
  • Iritasi kulit: tanda micellar water tidak cocok yang lainnya adalah kulit terasa panas seperti terbakar, bahkan hingga muncul ruam. Kondisi ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama, terlebih bila Anda tetap menggunakan produk micellar water yang tidak cocok untuk kulit.

Apabila gejala yang muncul terus berlanjut dan semakin parah, segera hubungi dokter.

Demikian informasi tentang efek samping micellar water. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.