Mengenal Apa Itu Micellar Water dan Manfaatnya Bagi Kulit Wajah
Ilustrasi (Kalos/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Micellar water jadi salah satu produk pembersih wajah paling banyak digunakan saat ini. Micellar water adalah cairan pembersih wajah ringan dengan kandungan molekul surfaktan. Yaitu molekul yang menarik minyak dan kotoran. 

Molekul ini pada dasarnya adalah butiran kecil minyak yang tersuspensi di dalam air. Ketika diusap ke wajah, molekul surfaktan ini membantu mengeluarkan kotoran dengan lembut tanpa menyebabkan kulit terkelupas.

Ilustrasi Micellar Water (Cottonbro/Pexels)

Berbeda dengan toner, micellar water tidak mengandung alkohol. Sehingga cocok digunakan pemilik kulit sensitif. Sehingga, micellar water bisa jadi alternatif produk pembersih wajah lebih lembut. Banyak juga jenis micellar water mengandung gliserin dengan fungsi membantu melembabkan wajah. Air dalam produk micellar water adalah jenis air lunak, artinya air tersebut dimurnikan dan tidak mengandung mineral keras seperti air biasanya.

Micellar water dapat digunakan siapa saja terutama bagi pemilik kulit kering. Sebab kandungan dalam micellar water dapat menghidrasi kulit dengan baik. Karena sangat lembut, produk pembersih wajah ini juga tepat bagi mereka yang fokus menghilangkan kerutan akibat penuaan.

Meski bermanfaat, ingat selalu untuk jangan sembarangan dalam memilih micellar water. Pastikan produk yang akan Anda pakai sudah teruji klinis dan tidak mengandung banyak tambahan zat-zat yang penyebab iritasi kulit.

Cara menggunakannya tidak sulit. Tuangkan micellar water secukupnya pada kapas, kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah hingga kotoran dan sisa make up terangkat. Penggunaan micellar water juga direkomendasikan ketika Anda hendak mengoleskan ulang sunscreen.