Bermanfaat Ganda, Ini 3 Bahan Skincare yang Bisa untuk Perawatan Rambut
Ilustrasi bahan skincare untuk perawatan rambut (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bahan aktif dalam formula skincare, ternyata bisa dimanfatkan untuk perawatan rambut. Karena bermanfaat ganda, Anda punya kesempatan untuk berhemat. Tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa saja bahan aktif skincare yang bisa untuk perawatan rambut? Yuk cek penjelasan lengkapnya.

Asam hialuronat

Menurut dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, Dr. Hadley King, asam hialuronat adalah humektan, artinya berperan menarik air dan membantu menghidrasi. 

Hyaluronic acid, ditemukan dalam produk kulit yang tak terhitung jumlahnya, mengisi kembali kelembapan kulit dan membantu menghilangkan garis-garis halus secara instan. Saat diterapkan pada perawatan rambut, manfaatnya serupa. Anda bisa mengembalikan kelembapan kutikula rambut, menghasilkan helai rambut yang halus, lembut, dan sehat. 

Karena kelembapan dari humektan dapat menguap terutama jika lingkungannya kering, King merekomendasikan untuk mencari formula yang mengandung asam hialuronat yang juga mengandung bahan emolien dan oklusif seperti lipid, minyak, dan mentega. Ini akan membentuk penghalang pelindung dan menyegel hidrasi itu. 

bahan skincare untuk perawatan rambut
Ilustrasi bahan skincare untuk perawatan rambut (Freepik/ansiia)

Peptida Kolagen 

“Peptida kolagen terhidrolisis berfungsi sebagai humektan, membantu melembabkan kulit,” menurut King. Itulah sebabnya Anda sering menemukan peptida kolagen pada krim wajah dan serum. Dalam perawatan rambut, bahan multitasking ini melakukan beberapa fungsi utama. 

Peptida kolagen tidak hanya dapat melembabkan rambut dan kulit kepala, tetapi, kata dokter King, "ketika peptida dioleskan pada rambut, mereka dapat membantu mengisi area batang rambut yang rusak, memberikan peningkatan kekuatan sementara." Untuk mendapatkan manfaat maksimal, dia merekomendasikan untuk mencari peptida kolagen dalam perawatan rambut atau serum tanpa bilas. 

Micellar water

Dalam perawatan kulit, micellar water dikenal karena kemampuannya menghilangkan riasan mata yang membandel. Ini dapat menawarkan manfaat pembersihan menyeluruh namun bisa untuk rambut juga. 

“Micellar water terdiri dari misel yang tersuspensi dalam air. Molekul pembersih kecil ini menarik kotoran dan minyak, dan membuangnya tanpa mengeringkan kulit atau rambut,” terang dokter King dilansir Women’s Health, Minggu, 13 November.

Oleh karena itu, King menyarankan untuk mencari sampo micellar water untuk menghilangkan penumpukan dari rambut dan kulit kepala.

Terkait