Mengenal Manfaat Ashwagandha, Ginseng India untuk Mengobati Rambut Rontok karena Stres
Ilustrasi manfaat ashwagandha untuk mengobati rambut rontok (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ashwagandha disebut sebagai ginseng India atau ceri musim dingin India. Untuk dimanfaatkan dalam mendapat berbagai khasiat kesehatan dan perawatan kulit serta rambut, berupa bubuk dari akar tanaman ashwagandha. Manfaat ashwagandha untuk kesehatan antara lain meningkatkan energi, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nama ashwagandha mengacu pada ashwa yang berarti kuda yang beraroma atau gandha. Bubuk tanaman ini dapat bekerja mengobati rambut rontok dengan mengatasi stres. Tanaman ini telah 8000 tahun dipakai dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan disebut sebagai adaptogen. Secara teori, tanaman ini mencegah atau menghentikan kerontokan rambut.

manfaat ashwagandha untuk mengobati kerontokan rambut
Ilustrasi manfaat ashwagandha untuk mengobati rambut rontok (Freepik/freepic.diller)

Secara umum, siapapun yang mengalami kerontokan rambut terkait dengan stres. Mengutip Byrdie, Senin, 31 Oktober, karena ashwagandha dapat berinteraksi dengan beberapa obat, untuk menggunakannya dalam mengatasi stres serta kerontokan rambut wajib konsultasi dokter terlebih dahulu. Terutama bagi Anda yang harus minum obat harian rutin, menderita diabetes, masalah tekanan darah, tiroid, dan dalam masa kehamilan atau menyusui.

Bisa dikatakan bahwa ashwagandha tidak mengobati langsung rambut rontok. Tetapi pengobatan menyasar pada penyebab terkaitnya, yaitu stres. Bubuk dari akar tanaman ashwagandha, akan mengurangi pradangan, memberi energi yang meningkatkan suasana hati, dan mengurangi kecemasan.

Menurut Shab Reslan, ahli trokologi dan ahli rambut bersertifikat yang berbasis di New York City, stres menciptakan peradangan dalam tubuh dan mengirim mode perbaikan dengan ‘mematikan’ sistem paling tidak penting dalam tubuh, yaitu pertumbuhan rambut. Tetapi penting untuk diperhatikan bahwa pemakaian ashwagandha sampai saat ini belum dibuktikan secara ilmiah tentang manfaat khususnya dalam mengatasi rambut rontok.

manfaat ashwagandha untuk mengobati rambut rontok
Ilustrasi manfaat ashwagandha untuk mengobati rambut rontok (Freepik)

Rachel Nazarian, MD., dokter kulit bersertifikat juga mengatakan bahwa ashwagandha sementara ini secara ilmiah dibuktikan mengatasi stres. Dalam manfaatnya sebagai pereda stres, ashwagandha sebenarnya memiliki kandungan berkhasiat.

Termasuk dalam memperkuat rambut karena mengandung antioksidan dan asam amino. Selain itu, dapat mengurangi iritasi kulit kepala dan membantu psoriasis, ketombe, serta kulit kepala gatal. Cara menggunakan ashwagandha untuk rambut, bisa dioleskan namun secara tradisional dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Untuk pemakaian topikal, bubuk ashwagandha bisa dicampurkan dengan air sehingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada kulit kepala untuk memanfaatkan antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit kepala. Bisa juga dicampurkan ke dalam sampo saat keramas.

Sedangkan konsumsi oral ashwagandha, bisa mencampurkan dengan kopi, segelas air, atau mengonsumsi suplemen oral. Metode ini kurang populer, karena aroma khas ashwagandha cukup kuat.