5 Cara Mengatasi Rambut Rontok karena Stres
Ilustrasi rambut rontok (Pexels/skitterphoto)

Bagikan:

JAKARTA – Penyebab rambut rontok tidak hanya karena penurunan kondisi kesehatan. Acap kali kondisi perasaan yang buruk juga menyebabkan kebotakan. Yang paling penting untuk mengidentifikasi penyebabnya adalah mengevaluasi setiap kondisi kesehatan.

Apabila badan terasa tidak nyaman, maka segeralah periksakan pada dokter atau ahli. Nah, jika Anda sedang banyak pikiran hingga stres, bukan tidak mungkin helai-helai rambut mulai tercerabut. Buat wanita, penyebab rambut rontok bisa lebih beragam.

Kondisi setelah melahirkan dan memasuki masa menopause juga bisa jadi pemicu rambut rontok. Untuk rambut rontok karena mengalami stres berkepanjangan, begini cara efektif untuk mengatasinya.

Meredakan stres

Apabila penyebab utama rambut rontok adalah stres, maka lebih efektif meredakan kegundahan dan menjalani hidup seimbang. Banyak ahli menyarankan untuk melakukan kegiatan positif yang bermanfaat mengatasi stres. Seperti dengan meditasi, olahraga, dan minum minuman alami yang bersifat relaksasi.

Mengonsumsi makanan mengandung zat besi dan vitamin D

Mengonsumsi makanan sehat juga dapat bermanfaat meredakan stres. Bagi yang mengalami rambut rontok, dapat mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin D. Makanan yang mengandung zat besi antara lain ikan, bayam, kacang-kacangan, dan buah beri.

Sedangkan makanan yang mengandung vitamin D antara lain kuning telur, ikan tuna, dan buah jeruk. Buah jeruk tidak hanya mengandung kalium dan folat, tetapi juga aromanya dapat menenangkan.

Makan makanan berprotein tinggi

Makanan berprotein tinggi juga bisa mengurangi tingkat kerontokan rambut yang lebih dari 50 helai sehari. Itu artinya, Anda yang mengalami rambut rontok dapat mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging merah tanpa lemak, dan gandum.

Memakai minyak kemiri untuk rambut

Tak sedikit yang sudah mengetahui bahwa perawatan rambut mengandung minyak kemiri berguna menumbuhkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga mampu memperkuat akar dan menghitamkan rambut dari pangkal hingga ke ujung.

mengatasi rambut rontok
Ilustrasi minyak kemiri (Pexels/Karolina Grabowska)

Jika terlampau ribet jika harus mengenakan minyak kemiri dan membiarkannya semalam sebelum keramas, Anda dapat memilih shampo untuk rambut rontok yang mengandung minyak kemiri. Ini lebih simple namun membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengatasi kerontokan.

Tambah dengan hair tonic

Ada berbagai merek hair tonic yang khusus diformulasi untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan di dalamnya antara lain urang-aring, kemiri, lidah buaya, maupun ginseng.

Cara bagaimana yang sudah pernah Anda coba untuk mengatasi kerontokan rambut? Jika tak selesai permasalahan rambut rontok, disarankan untuk konsultasi pada ahli sehingga diberikan resep perawatan rambut sesuai yang dibutuhkan.

Terkait